KARAKTERISTIK BIRO IKLAN ANGGOTA PPPI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERDASARKAN MODEL ORGANISASI INDUSTRI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Karakteristik Biro Iklan Anggota PPPI Daerah Istimewa Yogyakarta Berdasarkan Model Organisasi Industri )

OKTAHIRAWATI, FRANSISCA TIKA (2012) KARAKTERISTIK BIRO IKLAN ANGGOTA PPPI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERDASARKAN MODEL ORGANISASI INDUSTRI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Karakteristik Biro Iklan Anggota PPPI Daerah Istimewa Yogyakarta Berdasarkan Model Organisasi Industri ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03534.pdf

Download (728Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03534.pdf

Download (403Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03534.pdf

Download (2195Kb)

Abstract

Penelitian dengan judul KARAKTERISTIK BIRO IKLAN ANGGOTA PPPI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERDASARKAN MODEL ORGANISASI INDUSTRI (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Karakteristik Biro Iklan Anggota PPPI Daerah Istimewa Yogyakarta Berdasarkan Model Organisasi Industri) ini dilakukan karena melihat perkembangan industri kreatif di tingkat lokal sebagai perwujudan Kota Yogyakarta sebagai salah satu kota percontohan ekonomi kreatif di Indonesia. Bagaimana karakteristik biro iklan anggota PPPI DIY sebagai pemain dalam industri ini akan diteliti berdasarkan model organisasi industri. Model ini akan dijabarkan dalam tiga faktor, yaitu struktur pasar, perilaku pasar, dan kinerja pasar. Karakter biro iklan yang akan diketahui akan bermanfaat dalam memberikan gambaran mengenai kondisi industri periklanan di tingkat lokal, memberikan evaluasi terkait peraturan dalam industri periklanan ini, dan memberikan gambaran cara beradaptasi bagi calon pengusaha yang akan masuk dalam industri ini. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan mendeskripsikan data hasil wawancara dan studi dokumentasi ke dalam tiga poin pembahasan, yaitu struktur pasar, perilaku pasar, dan kinerja pasar. Data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa tipe struktur pasar dalam industri periklanan di DIY adalah pasar persaingan sempurna. Perilaku dan kinerja pasar menunjukkan bahwa setiap biro iklan memiliki cara masing-masing untuk menghadapi persaingan dan memajukan biro iklannya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi asosiasi dan pemerintah untuk menghimbau biro iklan agar masuk menjadi anggota asosiasi PPPI sehingga proses kontrol terhadap persaingan di lapangan menjadi mudah dan setiap pihak dapat terlibat dalam mewujudkan perkembangan industri periklanan lokal secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Struktur Pasar, Perilaku Pasar, Kinerja Pasar
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 08:37
Last Modified: 01 May 2013 10:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item