Kompetisi Surat Kabar yang Beredar di Eks Karesidenan Surakarta Berdasarkan Keberagaman Pemasukan Iklan (Pengukuran Kompetisi Surat Kabar Pengukuran Kompetisi Surat Kabar Jawa Pos, Suara Merdeka,Solopos, Joglosemar, Kedaulatan Rakyat, Seputar Indonesia, Wawasan, Warta Jateng, Tribun Jogja, Kompas, Meteor, dan Koran O Berdasarkan Aplikasi Teori Niche)

PRAMESWARI, NENI (2012) Kompetisi Surat Kabar yang Beredar di Eks Karesidenan Surakarta Berdasarkan Keberagaman Pemasukan Iklan (Pengukuran Kompetisi Surat Kabar Pengukuran Kompetisi Surat Kabar Jawa Pos, Suara Merdeka,Solopos, Joglosemar, Kedaulatan Rakyat, Seputar Indonesia, Wawasan, Warta Jateng, Tribun Jogja, Kompas, Meteor, dan Koran O Berdasarkan Aplikasi Teori Niche). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03559.pdf

Download (180Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03559.pdf

Download (261Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03559.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03559.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03559.pdf

Download (215Kb)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah adanya kompetisi yang terjadi dalam industri media cetak, yaitu surat kabar. Kompetisi yang terjadi diantara surat kabar salah satunya bisa dilihat berdasarkan sumber penunjang hidup media yaitu pemasukan iklan (capital). Pemasukan iklan menjadi salah satu tolak ukur surat kabar untuk bisa bersaing atau bertahan hidup. Persaingan surat kabar berdasarkan pemasukan iklan dijelaskan dalam teori niche, teori niche menjelaskan bahwa untuk bisa bertahan hidup media membutuhkan sumber penunjang hidup yang terdiri dari isi (content), pemasukan iklan (capital), khalayak (audience). Perhitungan dan analisis data untuk melihat kompetisi diantara surat kabar ini menggunakan teori niche breadth dan teori niche overlap. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kompetisi dari 12 surat kabar yang beredar di Eks Karesidenan Surakarta melalui perhitungan niche overlap, penelitian ini juga melihat keberagaman jenis iklan dalam surat kabar melalui perhitungan niche breadth. Metode Penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, sedangkan instrumen penelitian diperoleh dengan menghitung secara langsung iklan pada masing-masing surat kabar berdasarkan tarif yang tertera pada surat kabar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kompetisi paling tinggi terjadi diantara surat kabar dengan sirkulasi yang luas yaitu Kompas- Jawa Pos. Meskipun tarif iklan yang ditawarkan tinggi dan jenis iklan yang sedikit namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi pengiklan, terbukti dengan nilai persaingan yang mendekati angka nol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 08:39
Last Modified: 19 Apr 2013 08:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item