NETWORKING IN CONSUMER CREATED CONTENT-BASED CYBERCOMMUNITY (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Karakteristik Jaringan Komunikasi Partisipan pada Situs Sukamasak.com)

Mustakini, Lenny Rosanawati (2012) NETWORKING IN CONSUMER CREATED CONTENT-BASED CYBERCOMMUNITY (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Karakteristik Jaringan Komunikasi Partisipan pada Situs Sukamasak.com). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03574.pdf

Download (475Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03574.pdf

Download (857Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1295Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2605Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03574.pdf

Download (233Kb)

Abstract

Pemanfaatan internet dan cybercommunity dalam bidang komunikasi pemasaran beranjak semakin populer. Terlebih lagi, perkembangan teknologi web 2.0. memungkinkan interaktivitas advans, di mana user dapat menjadi anggota jaringan sosial dan berperan aktif dalam membuat sendiri konten media. Strategi ini disebut sebagai User-Generated Content, atau dalam konteks pemasaran, Consumer-Created Content. Penelitian ini mecoba memotret jaringan komunikasi yang terjadi pada partisipan kampanye komunikasi brand di dalam suatu situs interaktif berjudul Sukamasak.com. Peneliti menggunakan konsep motivasi dari Uses and Gratifications Theory, konsep Cost and Reward dari Social Exchange Theory, dan asumsi-asumsi dari teori jaringan untuk memahami jaringan komunikasi yang terbentuk, meliputi cohesion, centrality, structural holes, line connectivity, dan attribute-based characterization dengan menggunakan atribut status level dan poin partisipan, kepemilikan link Facebook-Twitter, dan kepemilikan profile picture. Penelitian ini menggunakan metode analisis jaringan yang diterapkan khusus pada media online, dengan pengolahan data numerik secara kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Automated Network Discovery, yang bersumber pada data teks yang tersedia pada situs Sukamasak.com, serta dilengkapi dengan keterangan dari dedicated administrator Sukamasak.com. Pengorganisasian dan analisis data dilakukan degan bantuan software UCINET, dan visualisasi jaringan dibuat dengan bantuan software NetDraw. Hasil penelitian ini menunjukkan karakter 3 jaringan utama, yang memetakan 3 relasi berbeda, yaitu jaringan content creation yang merupakan jaringan afiliasi, memetakan ikatan antara partisipan dengan fitur yang menjadi pilihan kreasinya, jaringan follow yang memetakan ikatan follow antar partisipan, dan jaringan interaksi yang memetakan ikatan interaksi antar partisipan pada masing-masing fitur. Secara umum, kohesivitas jaringan cukup rendah, ditinjau dari density, reciprocity, geodesic distance, dan line connectivitynya. Selain itu, juga disimpulkan bahwa setiap fitur dalam jaringan membentuk subjaringan dengan karakter yang khas dan bersifat asosiatif dengan karakter partisipan yang menggambarkan jenis motivasinya. Penelitian ini juga berhasil mencatat beberapa nama partisipan yang menjadi key actors berdasarkan analisis centrality. Dalam konteks komunikasi brand, jaringan komunikasi yang ditemukan pada situs ini dinilai cukup kondusif dan juga potensial untuk digunakan sebagai kanal aliran informasi dalam rangka e-WOM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis jaringan, cybercommunity, e-WOM, motivasi, online communications, internet, digital marketing, consumer-created content
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 08:48
Last Modified: 01 May 2013 10:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item