PAOK, VALENTINA TUTU (2012) KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0SOS03145.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1SOS03145.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2SOS03145.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text (Bab III)
3SOS03145.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4SOS03145.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan komodifikasi yang terjadi dalam proses penayangan program pengembangan seni budaya oleh JOGJA TV. Dalam konteks media televisi, para ahli berpendapat bahwa komodifikasi yang cenderung terjadi ialah komodifikasi isi/konten media yaitu berupa program-program televisi yang diproduksi dan disiarkan. Isi program diubah sedemikian rupa sesuai dengan selera pasar, bukan didasarkan atas kualitas program/keautentikan isi program. Sehingga dalam hal ini media televisi dinilai sebagai media yang banyak melakukan komodifikasi, bukan saja dalam bentuk isi/konten yang disiarkan, akan tetapi terjadi didalam berbagai bentuk komodifikasi. Dalam penelitian ini hasil rating program pengembangan seni budaya yang ditayangkan oleh Jogja TV tahun 2007-2009 telah dianalisa dengan mengacu pada konsep komodifikasi menurut Vincent Mosco. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian pendekatan deskriptif kualitaif yang menggunakan data kuantitatif yaitu menganalisis data hasil rating program berdasarkan angka. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan proses penayangan pengembangan seni budaya di JOGJA TV sedangkan wawancara dilakukan dengan sejumlah informan meliputi: Humas, Produser program acara seni budaya, Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab siaran, Koordinator siaran, Reporter, dan Kameramen JOGJA TV. Hasil penelitian membuktikan bahwa telah terjadi bentukbentuk komodifikasi yaitu dalam bentuk komodifikasi khalayak, komodifikasi intrinsik, dan komodifikasi pekerja. Dalam hal ini program pengembangan seni budaya telah diubah menjadi komoditas berdasarkan selera pasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Rating, Program seni budaya. |
Subjects: | Sosiologi > Media |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Apr 2013 12:19 |
Last Modified: | 01 May 2013 13:31 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/615 |
Actions (login required)
View Item |