KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV

PAOK, VALENTINA TUTU (2012) KOMODIFIKASI DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SENI BUDAYA DI JOGJA TV. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS03145.pdf

Download (817Kb)
[img] Text (Bab I)
1SOS03145.pdf

Download (165Kb)
[img] Text (Bab II)
2SOS03145.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100Kb)
[img] Text (Bab III)
3SOS03145.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160Kb)
[img] Text (Bab IV)
4SOS03145.pdf

Download (94Kb)

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan komodifikasi yang terjadi dalam proses penayangan program pengembangan seni budaya oleh JOGJA TV. Dalam konteks media televisi, para ahli berpendapat bahwa komodifikasi yang cenderung terjadi ialah komodifikasi isi/konten media yaitu berupa program-program televisi yang diproduksi dan disiarkan. Isi program diubah sedemikian rupa sesuai dengan selera pasar, bukan didasarkan atas kualitas program/keautentikan isi program. Sehingga dalam hal ini media televisi dinilai sebagai media yang banyak melakukan komodifikasi, bukan saja dalam bentuk isi/konten yang disiarkan, akan tetapi terjadi didalam berbagai bentuk komodifikasi. Dalam penelitian ini hasil rating program pengembangan seni budaya yang ditayangkan oleh Jogja TV tahun 2007-2009 telah dianalisa dengan mengacu pada konsep komodifikasi menurut Vincent Mosco. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian pendekatan deskriptif kualitaif yang menggunakan data kuantitatif yaitu menganalisis data hasil rating program berdasarkan angka. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan proses penayangan pengembangan seni budaya di JOGJA TV sedangkan wawancara dilakukan dengan sejumlah informan meliputi: Humas, Produser program acara seni budaya, Penanggung jawab dan wakil penanggung jawab siaran, Koordinator siaran, Reporter, dan Kameramen JOGJA TV. Hasil penelitian membuktikan bahwa telah terjadi bentukbentuk komodifikasi yaitu dalam bentuk komodifikasi khalayak, komodifikasi intrinsik, dan komodifikasi pekerja. Dalam hal ini program pengembangan seni budaya telah diubah menjadi komoditas berdasarkan selera pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Rating, Program seni budaya.
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 12:19
Last Modified: 01 May 2013 13:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item