SANDIA, VALENCIA FRANSIS (2014) DETERMINAN CITRA TOKO RITEL: STUDI DI DIY. Jurnal Magister Manajemen. p.1-10.
Text (Jurnal Magister Manajemen)
Jurnal MM01763.pdf Download (883kB) |
Abstract
Perdagangan eceran (retailing) adalah penpenjualan barang atau jasa secara langsung ke konsumen akhir untuk keperluan konsumsi pribadi dan/atau keluarga. Meningkatnya jumlah gerai toko berskala kecil seperti minimarket yang terdapat di setiap sudut perkotaan menunjukkan semakin besarnya peluang bisnis ritel dan semakin ketatnya persaingan di industri saat ini. Salah satu minimarket yang sedang bersaing sangat ketat saat ini adalah minimarket Alfamart dan Indomaret. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap citra toko dan menganalisis penilaian konsumen terhadap citra toko dua gerai ritel, yaitu Alfamart dan Indomaret. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada 200 responden yang penyebarannya dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Data yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif di mana data ini berbentuk angka dan bilangan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan uji Paired Sample T test, di mana analisis faktor merupakan analisis statistik yang bertujuan untuk mengidentifikasikan, mengelompokkan, dan meringkas faktor-faktor yang merupakan dimensi suatu variabel, definisi dan sebuah fenomena-fenomena tertentu. Sedangkan uji Paired Sample T test digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai persepsi konsumen terhadap variabel layanan, produk, atmosfir, komunikasi POP, dan keterlibatan belanja Alfamart dan Indomaret Hasil analisis Paired Sample T test menunjukkan bahwa dimensi suasana dan bantuan staff karyawan Alfamart dan Indomaret memiliki perbedaan yang siknifikan. (Ho ditolak). Sedangkan ketujuh dimensi lainnya, yaitu kualitas produknya, penataan produknya, pelayanannya, kenyamanan, display yang diberikan informatif, kesadaran akan produk, dan display eksklusif. (Ho diterima).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan, produk, atmosfir, komunikasi POP, keterlibatan, dan citra toko |
Subjects: | Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 11:38 |
Last Modified: | 30 Oct 2014 11:38 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6192 |
Actions (login required)
View Item |