LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK SEBAGAI SARANA PENDUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK DI KOTA YOGYAKARTA

VERAMYTA, ROHANA (2012) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERPUSTAKAAN ANAK SEBAGAI SARANA PENDUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TA12567.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TA12567.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2TA12567.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab III)
3TA12567.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA12567.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TA12567.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan telah menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan sebaik-baiknya, salah satu upaya untuk peningkatan mutu pendidikan dengan menyediakan sumber belajar. Masa keemasan anak merupakan masa yang penting dalam proses tumbuh kembang seorang anak karena pada saat itu perkembangan fisik, mental dan otak tumbuh dengan cepat. Maka dari itu menumbuhkan minat baca pada anak di masa keemasan merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan generasi yang berkualitas di kemudian hari. Intinya diperlukan sebuah Perpustakaan yang direncanakan dan di analisis berdasarkan kelompok pemakai. Kelompok pemakai yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda dan dipengaruhi dalam berbagai cara oleh sifat lingkungan. Dengan mengacu pada persoalan-persoalan dimensional pada kebutuhan anak sehingga bangunan Perpustakaan Anak dapat berfungsi sedemikian rupa dan bangunan tersebut dapat berfungsi seperti yang dimaksudkan. Tidak hanya itu, faktor-faktor perilaku lebih mendalam jangkauannya, pada psikologi si pemakai, cara memahami bentuk bangunan pada setiap orang dan usia itu berbeda, begitu juga dengan interaksi yang dilakukan. Dari beberapa inti masalah yang telah di paparkan, maka perlu dibangunnya sarana yang dapat mewadahi akivitas dan kebutuhan anak dalam hal Pendidkan informal untuk mengembangkan wawasan pengetahuan, kreativitas dan karakter dalam pertumbuhan dan perkembangan anak yang erat kaitannya dengan gerakan membaca di usia dini. Konsep desain yang menunjang fungsi fasilitas bangunan dalam perencanaan dan perancangan Perpustakaan Anak ini adah melalui penataan tata ruang luar dan dalam yang menghadirkan suasana kondusif dan imajinatif dengan pendekatan karakter anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Anak, Tumbuh Kembang Anak, Suasana Kondusif dan Imajinatif, Tata Ruang Luar dan Dalam, dan Karakter Anak
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Apr 2013 13:33
Last Modified: 03 May 2013 10:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item