PRIMASATYA, ALUYSIUS GERRY (2014) RISET PASAR UNTUK MEMULAI USAHA BARU KLAPPERTAART. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TIA007182.pdf Download (307kB) |
|
Text (Bab I)
TIA107182.pdf Download (74kB) |
|
Text (Bab II)
TIA207182.pdf Download (310kB) |
|
Text (Bab III)
TIA307182.pdf Download (197kB) |
|
Text (Bab IV)
TIA407182.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (Bab V)
TIA507182.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
Text (Bab VI)
TIA607182.pdf Download (181kB) |
Abstract
Minimnya ketersediaan klappertaart di kota Bekasi menjadi akar masalah dalam penelitian ini. Klappertaart atau yang dikenal juga sebagai kue kelapa khas Belanda sering menjadi makanan istiwewa untuk berbagai acara ataupun sekedar sebagai makanan ringan di rumah. Survei pendahuluan yang dilakukan menunjukkan bahwa peminat klappertaart cukup tinggi namun tidak diikuti oleh ketersediaan barang yang memadai. Sistem pesan terbatas yang diterapkan oleh beberapa penyedia klappertaart seperti toko dan katering di kota Bekasi menunjukkan bahwa belum ada jaminan ketersediaan klappertaart saat dibutuhkan oleh konsumen. Penelitian ini akan berfokus pada persiapan riset pasar dalam upaya membuka usaha baru klappertaart di kota Bekasi. Formulasi keunggulan kompetitif yang diperlukan dalam kompetisi bisnis kuliner akan dirumuskan sebelum menyusun hipotesis uji, agar nantinya bisa menilai seberapa besar pasar akan menyambut baik produk klappertaart di Bekasi. Lembar Kerja digunakan untuk menjabarkan target konsumen, menyusun pertanyaan dasar yang dibutuhkan, hingga merumuskan profil kompetisi yang dihadapi dalam bisnis klappertaart.Lembar Kerja ini merupakan alat untuk membuat kuesioner yang nantinya akan di sebar di daerah Bekasi. Hasil dari kuesioner ini nantinya akan digunakan untuk membantu dalam membuka usaha klappertaart di Bekasi. Metode analisis dilakukan dengan analisis tren, similaritas, kontradiksi dan odd groupings. Hasil riset menunjukkan bahwa tujuan riset pasar ini tercapai karena hasil analisis dan interpretasi data hasil riset pasar menunjukkan potensi untuk mendirikan usaha klappertaart di Bekasi cukup besar karena 96% dari 94 responden yang belum pernah melihat toko klappertaart mendukung usaha ini. Hasil analisis tren juga menunjukkan pendapatan yang semakin meningkat mempengaruhi persetujuan terhadap pernyataan “setuju jika didirikan toko klappertaart di Bekasi”. Hasil analisis similaritas menunjukkan dari usia 15-68 tahun, 83% responden menyatakan mengenal produk klappertaart. Responden mendukung pengembangan klappertaart yang akan dilakukan, dari hasil kuesioner menunjukkan bahwa dari desain kemasan yang ditawarkan sebanyak 57% responden lebih memilih desain B karena responden lebih menyukai kemasan yang mudah dibawa, lalu dari segi rasa responden ingin mencoba berbagai rasa seperti green tea, mangga, pandan, pisang, caramel dan sirsak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik Industri > Industri |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Nov 2014 08:01 |
Last Modified: | 19 Nov 2014 08:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6315 |
Actions (login required)
View Item |