ANALISIS MINAT PASAR TERHADAP JASA PEST CONTROL “POPULASI”

RADHITYA, YONATAN (2014) ANALISIS MINAT PASAR TERHADAP JASA PEST CONTROL “POPULASI”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TIA007167.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
TIA107167.pdf

Download (70kB)
[img] Text (Bab II)
TIA207167.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
TIA307167.pdf

Download (183kB)
[img] Text (Bab IV)
TIA407167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
TIA507167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (Bab VI)
TIA607167.pdf

Download (87kB)

Abstract

Perkembangan jumlah restoran yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong mulai bermunculan penyedia jasa Pest Control yang dapat membantu menjaga kualitas pelayanan dari restoran-restoran tersebut. Namun permasalahan yang dihadapi jasa pest control “Populasi” adalah belum diketahuinya minat pasar, khususnya usaha restoran terhadap pengendalian hama. Berdasarkan wawancara pendahuluan yang dilakukan dengan pihak manajemen, dibutuhkan adanya riset pasar untuk mengetahui potensi pembukaan cabang baru di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan dapat menjadi pertimbangan bagi pemilik dalam keputusan membuka cabang serta menetapkan strategi pemasaran. Riset pasar jasa pest control ini dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu penyusunan kuesioner, penyebaran kuesioner, analisis hasil kuesioner, dan perumusan strategi pemasaran. Penyusunan kuesioner menggunakan 8 (delapan) Lembar Kerja (worksheets) untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dalam membangkitkan pertanyaan dalam kuesioner. Penetapan target customer yang dilanjutkan dengan pembentukan hipotesis menjadi tahap awal perencanaan, dilanjutkan dengan pencarian data sekunder guna melengkapi kompetensi dan profil kompetisi usaha jasa pest control. Penyebaran kuesioner dilakukan sesuai dengan target customer pada lembar kerja, yaitu di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan responden merupakan pelaku usaha restoran dan café. Analisis data dilakukan setelah proses pengumpulan data melalui kuesioner selesai dilakukan menggunakan analisis tren, similiaritas, dan kontradiksi. Perumusan strategi dilakukan dengan melihat hasil dari kuesioner, hasil brainstorming dengan pemilik “Populasi” serta menggunakan tool Matrix Diagram. Hasil akhir penelitian ini adalah jasa pest control “Populasi” diminati oleh pelaku usaha restoran dan café di Daerah Istimewa Yogyakarta. Strategi yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk untuk saat ini dengan menawarkan layanan berlangganan yang dapat mengakomodir semua keinginan calon customer serta membuka website sebagai sarana informasi bagi calon customer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Nov 2014 08:34
Last Modified: 19 Nov 2014 08:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item