PINEM, ARNOLD GIOVANNI (2014) POLA KOMUNIKASI PENGGUNA SOSIAL MEDIA PATH (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Pengguna Sosial Media Path di Kalangan Mahasiswa). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM003970.pdf Download (862kB) |
|
Text (Bab I)
KOM103970.pdf Download (498kB) |
|
Text (Bab II)
KOM203970.pdf Download (995kB) |
|
Text (Bab III)
KOM303970.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab IV)
KOM403970.pdf Download (457kB) |
Abstract
Internet merupakan jaringan besar di seluruh dunia yang saling berhubungan yang memungkinkan transfer elektronik. Melalui new media ini, manusia yang tersebar di seluruh dunia dapat berinteraksi satu sama lainnya. Ketika komunikasi tidak memungkinkan untuk bertatap muka, internet hadir sebagai interactive media. Berkat teknologi ini, menjadikan proses komunikasi sebagai media perantara antar manusia. Melalui perkembangannya, internet dapat dijangkau melalui gadget, seperti tablet maupun smartphone yang dapat mudah dibawa dan digunakan kapan pun dan di mana pun. Dalam gadget pun terdapat berbagai aplikasi, khususnya dalam penelitian ini , yakni mengenai sosial media Path. Penelitian ini ingin mengetahui pola komunikasi bagi para penggunanya, dalam hal ini yaitu mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui Focus Group Discussion (FGD) yang telah dilaksanakan dua kali, peneliti memperoleh data. Terdapat lima pola komunikasi pengguna Path, yaitu pada Pola 1: Status, Caption, dan Bahasa, yaitu untuk mempertegas pemaknaan pesan yang disampaikan oleh pengguna Path. Kemudian Pola 2: Ajang Eksistensi Diri, adalah yang melatarbelakangi pengguna Path untuk memunculkan dirinya melalui pesan yang disampaikan melalui status. Selanjutnya adalah Pola 3: Fasilitas Chat di Path Sebagai Pilihan Alternatif, yaitu cara yang dapat dipilih oleh pengguna Path dalam menyampaikan pesan. Lalu Pola 4: Referensi Tentang Informasi Tempat dan Musik, yang dapat digunakan para pengguna Path untuk dapat dijadikan sumber referensi mengenai tempat dan musik. Serta Pola 5: Acuan Bahan Diskusi di Dunia Nyata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internet, Sosial Media Path, Pola Komunikasi |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Dec 2014 09:50 |
Last Modified: | 18 Dec 2014 09:50 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6423 |
Actions (login required)
View Item |