KONSEP SOSIALISASI MENGENAI STRATEGI PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN LAPANGAN Di PT “X” (Studi Kasus “ 5 Key Operations Strategies 2013-2015”

Hartono, Angeline Linda Dian (2014) KONSEP SOSIALISASI MENGENAI STRATEGI PERUSAHAAN KEPADA KARYAWAN LAPANGAN Di PT “X” (Studi Kasus “ 5 Key Operations Strategies 2013-2015”. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004011.pdf

Download (933kB)
[img] Text (Bab I)
KOM104011.pdf

Download (274kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204011.pdf

Download (115kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404011.pdf

Download (578kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep sosialisasi yang digunakan fungsi Operations PT HM Sampoerna Tbk dalam mensosialisasikan “5 Key Operations Strategies 2013-2015” kepada karyawan lapangan di sektor Sigaret Kretek Tangan. Salah satu bagian yang berperan dalam proses sosialisasi ini dari tahapan awal adalah Operations Communication yang merupakan perpanjangan lidah dari manajemen fungsi Operations untuk berkomunikasi dengan seluruh karyawan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, konsep sosialisasi ini ditentukan berdasarkan konsep komunikasi. Fungsi Operations terdiri lebih dari 30.000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan mayoritas karyawan merupakan karyawan lapangan. Untuk dapat menjangkau seluruh target sasaran, tim memerlukan sebuah kerangka yang dapat mencakup semuanya dalam waktu yang bersamaan, salah satunya adalah pemanfaatan media komunikasi yang terpadu. Konsep sosialisasi yang digunakan adalah konsep sosialisasi terintegrasi, baik integrasi media komunikasi dan juga integrasi program-program sosialisasi yang diperoleh melalui serangkaian tahapan mulai dari pengumpulan data melalui beberapa metode seperti pengamatan lapangan, Focussed Group Discussion dan juga melalui diskusi-diskusi informal yang lainnya, juga melakukan tahapan analisis untuk menentukan media-media komunikasi dan program sosialisasi yang sesuai untuk menjangkau karyawan lapangan. Selain itu, tim juga merancang evaluasi yang akan digunakan. Beberapa media komunikasi yang dinilai tim sesuai untuk menjangkau target sasaran ini adalah Radio Sampoerna, dinding dan pintu pabrik, Lentera Bolo Sampoerna, juga memanfaatkan acara special yakni Employee Appreciation and Motivation Day yang merupakan acara tahunan karyawan Sigaret Kretek Tangan. Dari berbagai macam media komunikasi tersebut, tim juga merancang programprogram lain yang sesuai seperti Radio Drama Series, Jingle dan Theme Song Operations, Komik Lentera Bolo, wall and door branding dan juga Ludruk. Semua program ini dirancang menyesuaikan karakteristik karyawan lapangan dari segi Bahasa, tema-tema yang digunakan, istilah-istilah yang digunakan, dan contohcontoh yang relevan. Selain itu, juga menggunakan tematik pesan untuk memudahkan karyawan untuk mengingat seluruh informasi yang telah disampaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sosialisasi, kerangka, integrasi, media komunikasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:50
Last Modified: 25 Mar 2015 10:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item