HAPSARI, YULEDHA CAISAR (2014) CITRA PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA DALAM PEMBERITAAN (Analisis Isi Pemberitaan Media Cetak Terhadap Perusahaan BUMD PDAM Tirtamarta Yogyakarta Periode Januari – Desember 2013). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM003326.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
KOM103326.pdf Download (152kB) |
|
Text (Bab II)
KOM203326.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text (Bab III)
KOM303326.pdf Download (187kB) |
Abstract
Pemberitaan di surat kabar tentang perusahaan perlu menjadi perhatian PR. Ketika surat kabar mengekspos pemberitaan mengenai perusahaan secara berlebihan tentunya akan memberikan imbas yang dapat menguntungkan atau malah merugikan suatu perusahaan. Tugas PR sebagai garda depan sebuah perusahaan adalah mempertahankan citra positif atau membentuk citra positif atau mungkin netral dimata publiknya. Begitu pula dengan perusahaan BUMD Tirtamarta Yogyakarta. Sebagai satusatunya perusahaan pelayanan air minum dan air bersih milik pemerintah daerah ini tentunya tak pernah lepas dari sorotan pemberitaan oleh media khususnya surat kabar baik skala lokal maupun nasional. Melalui pemberitaan dalam surat kabar inilah, perusahaan nantinya dapat melihat kecenderungan citra yang terbentuk oleh publik melalui artikel berita dalam surat kabar. Penelitian ini difokuskan pada mengamati dan mengukur isi komunikasi, mengkaji pesan-pesan media termasuk opini yang diucapkan mengenai suatu perusahaan yaitu PDAM Tirtamarta Yogyakarta. pengukuran dalam penelitian ini dilihat dari penampilan fisik dan isi berita seperti yang diungkapkan oleh Macnamara (2006:10), yaitu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengukuran pemberitaan dalam surat kabar yaitu dapat dilihat melalui penampilan fisik dan isi berita yang ada dalam surat kabar. Kemudian melihatdari hasil pengukuran meliputi aspek penampilan fisik dan isi berita, peneliti mencari tahu kecendrungan isi pemberitaan terkait citra perusahaan. Setelah melalui beberapa proses mulai dari temuan data hingga analisis yang telah dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa kecendrungan isi berita terkait dengan citra PDAM Tirtamarta Yogyakarta berfokus pada pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dan citra yang terbangun di pemberitaan cenderung netral dimasyarakat, melihat pernyataan publik baik narasumber internal maupun eksternal mengarah ke arah opini yang tidak memihak (netral). Citra seperti ini bisa jadi kurang menguntungkan bagi perusahaan karena sewaktu – waktu bisa saja menjadi buruk apabila terkena isu negatif dan mendorong munculnya Hot – issue publics dimasyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecenderungan Pemberitaan, Fokus Berita, Citra |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 09 Jan 2015 09:01 |
Last Modified: | 09 Jan 2015 09:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6475 |
Actions (login required)
View Item |