ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada PT. BINTANG CATUR ADHIYASA Di PURBALINGGA)

Anggraeni, Vonny Ria (2014) ANALISIS PROFITABILITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada PT. BINTANG CATUR ADHIYASA Di PURBALINGGA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
EA018311.pdf

Download (207Kb)
[img] Text (Bab I)
EA118311.pdf

Download (79Kb)
[img] Text (Bab II)
EA218311.pdf

Download (109Kb)
[img] Text (Bab III)
EA318311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94Kb)
[img] Text (Bab IV)
EA418311.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105Kb)
[img] Text (Bab V)
EA518311.pdf

Download (441Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas setiap pelanggan PT. BINTANG CATUR ADHIYASA. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan observasi langsung dan wawancara dengan pihak terkait, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi perusahaan. Data sekunder yang digunakan adalah data pelanggan, data penjualan, dan data biaya pada tahun 2013. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaporan segmen dengan pendekatan variabel costing yang meliputi langkah-langkah: (1) mengidentifikasi penjualan setiap pelanggan, (2) mengidentifikasi dan mengklasifikasi biaya berdasarkan perilaku biaya, (3) menghitung harga pokok penjualan variabel setiap pelanggan, (4) membebankan biaya variabel non produksi ke pelanggan, (5) mengklasifikasi biaya tetap ke dalam biaya tetap langsung dan bersama, (6) menyusun laporan segmen pelanggan dengan pendekatan variabel costing. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semua pelanggan PT. BINTANG CATUR ADHIYASA merupakan pelanggan yang menguntungkan. Profitabilitas setiap pelanggan tercermin dari rasio margin segmen masing-masing pelanggan. Informasi profitabilitas setiap pelanggan dapat digunakan sebagai dasar dalam melakukan perencanaan programprogram atau strategi yang akan dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi kebiasaan pelanggan dalam melakukan pembelian, sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Profitabilitas Pelanggan, Pelaporan Segmen, Variabel Costing.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2015 12:45
Last Modified: 09 Feb 2015 12:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6788

Actions (login required)

View Item View Item