PENGARUH ORIENTASI NILAI, AFEK DAN PENGETAHUAN EKOLOGIKAL KONSUMEN PADA KOMITMEN PEMBELIAN PRODUK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN: Studi Perilaku Konsumen Pangan Organist

Junaedi, Shellyana (2010) PENGARUH ORIENTASI NILAI, AFEK DAN PENGETAHUAN EKOLOGIKAL KONSUMEN PADA KOMITMEN PEMBELIAN PRODUK YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN: Studi Perilaku Konsumen Pangan Organist. Phd thesis, UAJY.

[img] Text (Disertasi Ekonomi Manajemen)
EM95555.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengembangkan model kausal yang mampu memprediksi perilaku pembelian konsumen pada produk pangan organik sebagai produk ramah lingkungan. Sludi ini menguji pengaruh orienlasi nilai konsumen yang lerdiri dari orientasi individualistik dan koleklivistik yang berpengaruh pada kesadaran lingkungan. Selain itu, studi ini akan menjelaskan dan membuktikan bahwa pengetahuan ekologikal, afek ekologikal dan harga premium secara kesadaran lingkungan berpengaruh pada niat beli konsumen pada produk ramah lingkungan. Variahel demografi gender, perbedaan area domisili, tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan berperan sebagai variabel pemoderasi dalam model penelitian perilaku konsumen yang berwawasan lingkungan. Responden penelitian ini adalah konsumen yang memhuat keputusan pembelian bahan pangan untuk kebutuhan sehari-hari keluarga sebanyak 723 responden. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan multigroup structural equation modeling yang digunakan untuk menguji model structural pada kelompok demografi yang berbeda secara simultan. Teemuan penelitian ini mengindikasi bahwa model penelitian memiliki Goodness-of-fit yang memadai dan keseluruhan model secara simultan demoderasi secara signifikan oleh perbedaan gender, area domisili, tingkat pendapatan dan tingkat penghasilan. Hubungan kausal antar-variabel penelitian bersifat konsisten dengan hasil penelitian sebelumnya dan dari berbagai setting penelitian ditemukan hasil model penelitian terbaik yang bersifat parsimoni. Model terbaik penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kolektivistik ,seorang konsumen akan meningkatkan pengelahuan ekologikal konsumen dan akan berpengaruh pada kesadaran konsumen terhadap isu-isu lingkungan, yang akhirnya akan meningkatkan komitmen untuk melakukan pembelian pada produk-produk ramah lingkungan, Studi ini diharapkan menghasilkan suatu pengembangan model alternatif keperilakuan yang dapat mengakomodasi berbagai model perilaku konsumen yang berwawasan lingkungan.

Item Type: Thesis (Phd)
Uncontrolled Keywords: orientasi individualistic, orientasi kolektivistik, afek ekologikal, pengetahuan ekologikal, kesadaran lingkungan, harga premium, niat beli, perilaku beli, pangan organik
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2015 10:10
Last Modified: 17 Feb 2015 10:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/6849

Actions (login required)

View Item View Item