Pengembangan Perangkat Lunak Simulasi dan Pemodelan Perlintasan Kereta Api Menggunakan VRML

SAPUTRA, ANDRI WAHYU (2008) Pengembangan Perangkat Lunak Simulasi dan Pemodelan Perlintasan Kereta Api Menggunakan VRML. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman judul)
0TF04212.pdf

Download (141Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF04212.pdf

Download (51Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF04212.pdf

Download (69Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF04212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF04212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3223Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF04212.pdf

Download (75Kb)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang sangat pesat terutama dalam bidang komputer, pemanfaatan simulasi untuk pembuatan rekayasa suatu keadaan yang nyata juga semakin meningkat. Simulasi dapat menjadi andalan dalam dunia multimedia sebagai metode informasi yang baru yang didukung oleh aspek-aspek multimedia (audio, video, teks, animasi dan grafik), sehingga informasi yang disampaikan menjadi lebih mudah diterima dan user-friendly. Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan latar belakang tersebut, maka dibuat perangkat lunak simulasi dan pemodelan perlintasan kereta api yang dapat digunakan sebagai suatu media informasi. Perangkat lunak simulasi dan pemodelan perlintasan kereta api dengan visualisasi 3D ini ditujukan untuk media pembelajaran anak sekolah dasar sampai dengan dewasa untuk mengetahui sistem kerja perlintasan kereta api berpalang pintu. Perangkat lunak simulasi dan pemodelan perlintasan kereta api ini dibuat dengan menggunakan VRML 2.0 (Virtual Reality Modelling Language) dan 3D Studio Max 7 sebagai tools pendukung animasi 3 Dimensi. Perangkat lunak simulasi dan pemodelan perlintasan kereta api ini telah berhasil dirancang dan diimplementasikan. Pengujian perangkat lunak ini menggunakan 2 metode yaitu pengujian fungsionalitas dan pengujian sistem oleh responden. Pengujian fungsionalitas meliputi deskripsi serta kesesuaian tampilan dengan proses yang didapatkan yang dilakukan oleh pembuat aplikasi. Pengujian responden dilakukan kepada 31 responden baik mahasiswa maupun masyarakat umum untuk mencoba perangkat lunak simulasi dan pemodelan perlintasan kereta api secara keseluruhan. Dengan selesainya perangkat lunak simulasi dan pemodelan perlintasan kereta api ini, maka penulis telah berhasil membangun sebuah perangkat lunak dengan menggunakan VRML 2.0 dan 3D Studio Max 7.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: simulasi, kereta api, 3D, VRML, multimedia
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Apr 2015 13:24
Last Modified: 14 Apr 2015 13:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7125

Actions (login required)

View Item View Item