PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA PADA PT. MADU BARU YOGYAKARTA

Vitrianingrum, Emania (2006) PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA PADA PT. MADU BARU YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EA12730.pdf

Download (204Kb)
[img] Text (Bab I)
1EA12730.pdf

Download (142Kb)
[img] Text (Bab II)
2EA12730.pdf

Download (294Kb)
[img] Text (Bab III)
3EA12730.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EA12730.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273Kb)
[img] Text (Bab V)
5EA12730.pdf

Download (139Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemungkinan diterapkannya Balanced Scorecard di PT. Madu Baru dan merancang Balanced Scorecard sebagai pendekatan penilaian kinetja usahanya, dan menialai kinerja PT. Madu Bam pada tahun 2004 seandainya digunakan pendekatan Balanced Scorecard. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi dan (2) wawancara. Selama ini, PT. Madu Baru dalam mengukur kinerja usahanya dengan mengunakan Keputusan Menteri Keuangan RI N0.198/KMK.016/1998 Tanggal 24 Maret 1998 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Badan Usaha Milik Negara. Namun demikian dirasa kurang menunjukkan hubungan sebab- akibat diantara ukuran - uk:uran yang digunakan. dan hanya bersifat jangka pendek. Penilaian kinerja dengan pendekatan Balanced Scorecard memandang unit bisnis dari 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa kinerja perusahaan untuk tahun 2004 perspekti keuangan menunjuk:kan hasil yang tidak baik. Tetapi jika ditinjau dari visi dan misi perusahaan, maka tujuan strategi perusahaan sudah tercapai dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada perspektif pelanggan, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penilaian kinerja, Balanced scorecard, perspektifkeuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 May 2015 12:58
Last Modified: 26 May 2015 12:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7364

Actions (login required)

View Item View Item