Pentury, Andre (2006) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH DEBITUR DALAM PENAGIHAN HUTANG KARTU KREDIT OLEH BANK MELALUI DEBT COLLECTOR. S2 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0MIH01035.pdf Download (193kB) |
|
Text (Bab I)
1MIH01035.pdf Download (197kB) |
|
Text (Bab II)
2MIH01035.pdf Download (775kB) |
|
Text (Bab III)
3MIH01035.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
Text (Bab IV)
4MIH01035.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
|
Text (Bab V)
5MIH01035.pdf Download (126kB) |
Abstract
Kehidupan manusia selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Kebutuhan akan jasa maupun produk perbankan turut mengalami perkembangan yang pesat. Kartu kredit adalah salah satu produk perbankan yang diminati masyarakat khususnya di perkotaan. Kartu kredit dapat digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi baik dalam pembelian barang maupun jasa. Kartu kredit diminati karena kepraktisannya dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Karena permintaan yang cukup tinggi, pihak bank melakukan berbagai cara untuk menarik calon nasabah. Namun yang sangat disayangkan dalam hal ini pihak bank cenderung mengabaikan prinsip kehati-hatian dalam memasarkan kartu kredit. Hal ini dilakukan bank karena hanya ingin mengejar nasabah secara kwantitas namun tidak secara kualitas. Selain itu banyak nasabah yang tidak bijak menggunakan kartu kredit, bahkan melampaui kemampuan finansial nasabah itu sendiri. Akibatnya banyak nasabah yang secara kualitas tidak layak menunggak pembayaran anggsuran yang sudah menjadi kewajibannya. Akhirnya tindakan yang dilakukan pihak bank dalam menanggapi kejadian ini dengan menggunakan jasa debt collector. Hal ini diperparah lagi dengan perlakuan debt collector dalam menagih hutang yang melakukan tindakan-tindakan yang meneror, memaksa, mangancam, bahkan membahayakan nasabah secara fisik. Hal ini berarti pihak bank melalui debt collector telah melaksanakan tugasnya tanpa prosedur yang telah ditentukan seperti yang telah diatur dalam peraturan perundangan Bank Indonesia, bahkan melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini adalah penelitian normatif dan berujuan menjawab permasalahan yakni penagihan hutang dengan cara efektif tanpa melanggar hukum |
Subjects: | Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 09:09 |
Last Modified: | 18 Aug 2015 09:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7795 |
Actions (login required)
View Item |