Marieta, Niken Rose (2015) PENERAPAN ANALITIK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY (Studi Kasus : Penjualan Online Omah Produksi Kang Bedjo Jogja). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TF006212.pdf Download (472kB) |
|
Text (Bab I)
TF106212.pdf Download (57kB) |
|
Text (Bab II)
TF206212.pdf Download (61kB) |
|
Text (Bab III)
TF306212.pdf Download (90kB) |
|
Text (Bab IV)
TF406212.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab V)
TF506212.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (Bab VI)
TF606212.pdf Download (50kB) |
Abstract
Sistem penjualan online merupakan sistem yang digunakan untuk menangani proses penjualan dengan menggunakan jaringan internet, sehingga transaksi dapat dilakukan tanpa adanya tatap muka antara penjual dan pembeli. Sistem ini memiliki keunggulan utama yaitu kecepatan akses dan dapat diakses dari manapun karena berbasis web. Sistem ini telah banyak diterap oleh berbagai industri kecil seperti UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk memasarkan hasil industrinya. “Omah Produksi Kang Bedjo Jogja” adalah salah satu contoh UMKM yang belum menerapkan sistem ini, sehingga wilayah pemasaran hasil produksinya masih terbatas. Dari sisi itulah penulis kemudian ingin membuat sebuah sistem penjualan online bagi “Omah Produksi Kang Bedjo Jogja” untuk membantu memperluas pemasaran, promosi produk, dan berbagi informasi dengan pelanggan. Sistem ini merupakan salah satu bentuk penerapan E-Commerce, fungsionalitas sistem ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan Analitik Customer Relationship Management (CRM). Konsep CRM yang dimaksud adalah Metode Pengelompokan Pelanggan dan Barang Potensial. Hasil pengelompokkan ini nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan promosi dan produksi barang. Promosi dalam sistem ini akan dilakukan dengan menggunakan SMS Gateway. Dalam penggembangan sistem ini digunakan framework CodeIgniter. Semua data yang ada akan disimpan dalam database mySQL, dan menggunakan web service dari zenziva.com, rajaongkir.com dan cekresi.com. Sistem ini diharapkan mampu menjadi jalan keluar untuk “Omah Produksi Kang Bedjo Jogja” memperluas jangkauan pemasaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, UMKM, Customer Relationship Management, Metode Pengelompokkan pelanggan dan Barang, SMS Gateway |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Aug 2015 11:06 |
Last Modified: | 18 Aug 2015 11:06 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7796 |
Actions (login required)
View Item |