PENGIMPLEMENTASIAN CRM PADA PEMBANGUNAN E-COMMERCE UNTUK PRODUSEN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS WEB (Studi Kasus : Dolanan Puzzle)

Pramudiya, Handaru Eri (2015) PENGIMPLEMENTASIAN CRM PADA PEMBANGUNAN E-COMMERCE UNTUK PRODUSEN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS WEB (Studi Kasus : Dolanan Puzzle). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
TF006174.pdf

Download (118kB)
[img] Text (Bab I)
TF106174.pdf

Download (50kB)
[img] Text (Bab II)
TF206174.pdf

Download (43kB)
[img] Text (Bab III)
TF306174.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Bab IV)
TF406174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (Bab V)
TF506174.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (Bab VI)
TF606174.pdf

Download (41kB)
[img] Text (Bab VII)
TF706174.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan teknologi dalam dunia industri sekarang ini sudah menjadi hal yang umum. Skala industri kecil hingga besar telah menerapkan teknologi tersebut untuk lebih memasarkan industrinya. Contoh industri kecil tersebut ialah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). E-Commerce merupakan contoh teknologi yang tepat untuk diterapkan pada UMKM dikarenakan dapat menjadi wadah berjualan secara online dari UMKM tersebut. Wadah tersebut dapat memungkinkan lebih banyak masyarakat bisa mengaksesnya dikarenakan sudah online. Pemasaran di dalam E-Commerce pun dapat ditingkatkan dengan penerapan CRM (Customer Relationship Management). CRM yang dimaksudkan seperti Market Basket Analysis dan Metode Pengelompokkan Pelanggan Potensial. “Dolanan Puzzle” salah satu contoh UMKM produsen Alat Permainan Edukatif di Yogyakarta. Saat ini ““Dolanan Puzzle”” belum menerapkan teknologi dalam industrinya yang sebenarnya banyak UMKM lain sudah mulai menerapkannya. Hal itu membuat pemasaran dari “Dolanan Puzzle” tersebut sangat terbatas dan hanya sedikit masyarakat yang mengetahui tentang “Dolanan Puzzle”. Pembuatan E-Commerce dengan pengimplementasian CRM di dalamnya dapat menjadi jalan keluar untuk “Dolanan Puzzle” dalam mengembangkan usahanya. Adanya E-Commerce sebagai toko online “Dolanan Puzzle” memudahkan pelanggan dalam mencarinya. Promosi dari “Dolanan Puzzle” pun dapat ditingkatkan dengan penerapan CRM pada ECommerce “Dolanan Puzzle” tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Customer Relationship Management (CRM), E-Commerce, UMKM, Market Basket Analysis, Metode Pembobotan Pengelompokkan Pelanggan
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2015 08:19
Last Modified: 19 Aug 2015 08:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item