Pramudiya, Handaru Eri (2015) PENGIMPLEMENTASIAN CRM PADA PEMBANGUNAN E-COMMERCE UNTUK PRODUSEN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS WEB (Studi Kasus : Dolanan Puzzle). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TF006174.pdf Download (118kB) |
|
Text (Bab I)
TF106174.pdf Download (50kB) |
|
Text (Bab II)
TF206174.pdf Download (43kB) |
|
Text (Bab III)
TF306174.pdf Download (65kB) |
|
Text (Bab IV)
TF406174.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
Text (Bab V)
TF506174.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
Text (Bab VI)
TF606174.pdf Download (41kB) |
|
Text (Bab VII)
TF706174.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penerapan teknologi dalam dunia industri sekarang ini sudah menjadi hal yang umum. Skala industri kecil hingga besar telah menerapkan teknologi tersebut untuk lebih memasarkan industrinya. Contoh industri kecil tersebut ialah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). E-Commerce merupakan contoh teknologi yang tepat untuk diterapkan pada UMKM dikarenakan dapat menjadi wadah berjualan secara online dari UMKM tersebut. Wadah tersebut dapat memungkinkan lebih banyak masyarakat bisa mengaksesnya dikarenakan sudah online. Pemasaran di dalam E-Commerce pun dapat ditingkatkan dengan penerapan CRM (Customer Relationship Management). CRM yang dimaksudkan seperti Market Basket Analysis dan Metode Pengelompokkan Pelanggan Potensial. “Dolanan Puzzle” salah satu contoh UMKM produsen Alat Permainan Edukatif di Yogyakarta. Saat ini ““Dolanan Puzzle”” belum menerapkan teknologi dalam industrinya yang sebenarnya banyak UMKM lain sudah mulai menerapkannya. Hal itu membuat pemasaran dari “Dolanan Puzzle” tersebut sangat terbatas dan hanya sedikit masyarakat yang mengetahui tentang “Dolanan Puzzle”. Pembuatan E-Commerce dengan pengimplementasian CRM di dalamnya dapat menjadi jalan keluar untuk “Dolanan Puzzle” dalam mengembangkan usahanya. Adanya E-Commerce sebagai toko online “Dolanan Puzzle” memudahkan pelanggan dalam mencarinya. Promosi dari “Dolanan Puzzle” pun dapat ditingkatkan dengan penerapan CRM pada ECommerce “Dolanan Puzzle” tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Permainan Edukatif, Customer Relationship Management (CRM), E-Commerce, UMKM, Market Basket Analysis, Metode Pembobotan Pengelompokkan Pelanggan |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 08:19 |
Last Modified: | 19 Aug 2015 08:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7802 |
Actions (login required)
View Item |