Wibisono, Nilam Arsanti (2015) CITRA POLITISI MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Kuantitatif Pesan twitter @basuki_btp Selama Masa Transisi dari Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 9 Juli 2014 - 15 November 2014). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM004211.pdf Download (315kB) |
|
Text (Bab I)
KOM104211.pdf Download (193kB) |
|
Text (Bab II)
KOM204211.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Text (Bab III)
KOM304211.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab IV)
KOM404211.pdf Download (82kB) |
|
Text (Bab V)
KOM504211.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wakil gubernur DKI Jakarta yaitu Basuki Tjahaja Purnama, atau yang biasa disebut Ahok seringkali menjadi sorotan. Beliau menjadi sorotan karena merupakan keturunan Tionghoa dan memiliki kepercayaan agama Kristen. Seperti yang diketahui bahwa saat ini Ahok akan menjadi Gubenur DKI Jakarta dimana mayoritas warga Jakarta memiliki keyakinan agama Islam, sehingga wajar jika sosok Ahok yang “berbeda” menjadi sorotan publik dan banyak ormas yang menolak Ahok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi dimana penelitian tersebut digunakan untuk menganalisis pesan twitter Basuki Tjahaja Purnama pada masa transisi dari Wakil Gubenur DKI Jakarta menjadi Gubenur DKI Jakarta yaitu menganalisis pesan dan gambar yang diunggah menggunakan coding sheet yang telah dibuat sebagai instrument penelitian analisis isi. Proses penelitian yang dilakukan dengan menganalisis pesan yang diunggah pada periode 9 Juli 2014 - 15 Juli 2014 dengan menggunakan instrument penelitian coding sheet yang dianalisis oleh dua orang pengcoding yang memiliki kemampuan dalam penelitian analisis isi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kecenderungan isi pesan twitter Ahok pada sisi personality dan behaviour cukup tinggi. Ahok menampilkan identitas dirinya sebagai seorang aktor politik yang peka terhadap rakyat dan keadaan lingkungannya. Dimensi komunikasi politik yang telah dianalisis kecenderungan isi pesan twitter secara keseluruhan menunjukkan kencenderungan menggunakan komunikasi politik informatif dan persuasif. Dalam komunikasi politik Ahok menampilkan dirinya melalui pesan twitter sebagai seorang aktor politik yang memahami informasi yang penting untuk diketahui oleh para followersnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pencitraan, Citra Politik, Media Sosial, Twitter |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 10:36 |
Last Modified: | 20 Aug 2015 10:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7814 |
Actions (login required)
View Item |