PROSES SOSIALISASI NILAI-NILAI ORGANISASI KEPADA KARYAWAN DI SEKOLAH ALTERNATIF SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA

Simanjuntak, Yolandri L. F. (2015) PROSES SOSIALISASI NILAI-NILAI ORGANISASI KEPADA KARYAWAN DI SEKOLAH ALTERNATIF SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004249.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
KOM104249.pdf

Download (607kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304249.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404249.pdf

Download (235kB)
[img] Text (Bab V)
KOM504249.pdf

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini membahas proses sosialisasi budaya organisasi yang dilakukan oleh sekolah alternatif Sanggar Anak Alam (SALAM) kepada fasilitatornya. Menggunakan metode studi kasus deskriptif penelitian ini berusaha menggambarkan dan menunjukkan lipatan-lipatan proses sosialisasi nilai organisasi di sekolah SALAM. Pada penelitian ini penulis menggunakan tipe studi kasus deskriptif, dimana hasil dari penelitian akan dapat memberikan gambaran dan memaparkan konsepkonsep penelitian secara mendalam mengenai mekanisme komunikasi yang telah diajukan dalam landasan teori. Selain itu, penelitian deskriptif itu tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi Dalam temuannya dapat dilihat bahwa sebagai organisasi non-formal yang bergerak di bidang pendidikan, sekolah Alternatif SALAM menggunakan model komunikasi dengan menekankan dialog. Sosialisasi tidak dianggap sebagai bentuk penyampaian doktrin, namun komunikasi yang sirkuler, karena melibatkan negosiasi antara subjek-subjek di dalamnya. Dengan prinsip “Mendengar, saya lupa; Melihat, saya ingat; Melakukan, saya paham; Menemukan sendiri, saya kuasai”, nilai budaya dianggap sebagai bagian dari arsitektur ruang sosial tertentu, di mana elemen-elemen penyusunnya terdiri dari 3: Dialog, pengalaman dan pembelajaran serta pelajaran secara kontekstual. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah proses sosialisasi di SALAM dibagi atas tiga tahapan; Diskusi, Simulasi, dan Evaluasi. Namun, Sekolah SALAM perlu membuat evaluasi untuk para fasilitator terkait pemahaman prinsip serta membuat rekaman serta pengarsipan peristiwa yang terjadi terkait peristiwa yang dihadapi fasilitator agar bisa dijadikan bahan pelajaran bagi fasilitator baru, maupun kelompok baru yang hendak membuat gerakan yang sama

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Sosialisasi, Nilai Organisasi, Sekolah Alternatif, Studi Kasus
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2015 09:17
Last Modified: 21 Aug 2015 09:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7821

Actions (login required)

View Item View Item