KINERJA PANSUS BANK CENTURY DALAM PERSPEKTIF PERS DAERAH (Analisis Framing Terhadap Teks Tajuk Rencana Harian Jawa Pos Dalam Mengkonstruksi Kinerja Panitia Khusus Hak Angket Bank Century)

Ismanu, Dany (2011) KINERJA PANSUS BANK CENTURY DALAM PERSPEKTIF PERS DAERAH (Analisis Framing Terhadap Teks Tajuk Rencana Harian Jawa Pos Dalam Mengkonstruksi Kinerja Panitia Khusus Hak Angket Bank Century). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02854.pdf

Download (1555Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02854.pdf

Download (2009Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02854.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1530Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02854.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02854.pdf

Download (8Mb)

Abstract

Dalam paradigma konstruktivisme, realitas tidak hadir begitu saja. Realitas dikonstruksi, dibentuk sedemikian rupa oleh individu maupun masyarakat sosial berdasarkan referensi dan pengaruh tertentu. Dalam konstruktivisme pula, berita media massa sebagai cerminan realitas tidak serta merta hadir apa adanya. Berita dalam media massa yang melalui proses kerja jurnalistik dipengaruhi berbagai faktor, seperti ideologi, rutinitas, kepemilikan dan kepentingan media. Melalui analisis framing, proses pembingkaian realitas yang dilakukan media massa dapat dibongkar, termasuk untuk mengetahui latar belakang, maksud dan tujuan pembingkaian tersebut. Penelitian ini fokus pada bagaimana pers di daerah membingkai isu dan peristiwa nasional. Lebih tajam lagi, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana harian Jawa Pos yang berpusat di Jawa Timur, lewat teks tajuk rencananya, mengkonstruksi Kinerja Pansus Bank Century. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan datanya, dan analisis framing sebagai metode analisis data. Dalam pengumpulan data, diperoleh 7 teks tajuk rencana Jawa Pos yang menjadi objek dalam penilitian ini. Proses penelitian dimulai dengan menganalisis 7 teks tajuk rencana Jawa Pos dengan menggunakan perangkat framing Gamson dan Modigliani. Hasil analisis teks mengungkap, Jawa Pos menilai kebijakan bailout untuk menopang Bank Century sebagai langkah penyelamatan. Jawa Pos juga menilai kinerja Pansus Century buruk dan belum bisa mengurai inti masalah. Penelitian berlanjut ke ranah konteks. Pada bagian ini, wawancara dengan redaksional Jawa Pos menjadi sumber data utama. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa redaksional Jawa Pos memang mendukung kebijakan bailout, dan menilai kasus Century muncul karena salah kelola oleh manajemen Bank Century. Redaksi Jawa Pos juga menilai kinerja Pansus nihil, bahkan minus, karena hanya berisi kepentingan politik tertentu dan akan menimbulkan trauma bagi pejabat yang harusnya proaktif mengatasi krisis. Temuan dalam analisis teks dan konteks menjadi hasil dari penelitian ini. Pembingkaian Jawa Pos terhadap Pansus dan kasus Century nyata dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya sikap, ideologi, dan rutinitas media.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bank century, pers daerah, tajuk rencana, analisis framing
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:05
Last Modified: 01 May 2013 08:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item