MASSOLO, ASYER NATANAEL (2015) HUBUNGAN TINGKAT KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DENGAN MINAT BELI LISTRIK PINTAR (Studi Korelasi Antara Tingkat Kredibilitas Komunikator Program Sosialisasi Listrik Pintar PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta dengan Minat Beli Masyarakat Pedukuhan Sawah untuk Menggunakan Listrik Pintar). S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
KOM004002.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
KOM104002.pdf Download (395kB) |
|
Text (Bab II)
KOM204002.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
Text (Bab III)
KOM304002.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
Text (Bab IV)
KOM404002.pdf Download (164kB) |
|
Text (Bab V)
KOM504002.pdf Download (851kB) |
Abstract
Presentasi dari seorang komunikator yang informatif, menarik dan mempunyai kredibilitas tentunya bisa menimbulkan minat komunikan untuk memenuhi apa yang diinginkan komunikator. Humas PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta sebagai komunikator dalam program sosialisasi listrik pintar di Pedukuhan Sawah mempunyai kredibilitas yang tinggi dalam hal sosialisasi dengan tujuan agar dapat menimbulkan minat beli dari masyarakat Pedukuhan Sawah untuk menggunakan listrik pintar. Hal ini dilihal dari tingginya nilai mean yang di hasilkan variabel kredibilitas komunikator yaitu 24,39. Sedangkan teori yang dipakai antara lain social judgement theory dan elaboration likelihood theory, Tipe penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner dan menggunakan skala Likert dan Guttman. Analisis data penelitian ini adalah analisis eksplanatif menggunakan analisis korelasi pearson’s product moment dan teknik korelasi parsial. Berdasarkan hasil uji validitas dan realibilitas pada variabel kredibilitas komunikator semua instrument dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji skalabilitas dan reproduksibilitas pada variabel minat beli semua instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji analisis korelasi product moment, diperoleh hasil bahwa variabel tingkat kredibilitas komunikator memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan terhadap variabel minat beli dengan nilai korelasi 0,594 dengan signifikansi 0,000 masuk dalam kategori koefisien korelasi sedang dan koefisien korelasi positif dan searah artinya tingkat kredibilitas komunikator semakin tinggi maka minat beli juga semakin tinggi. Berdasarkan uji korelasi parsial terhadap variabel kredibilitas komunikator dengan minat beli dikontrol oleh variabel tingkat pendidikan diperoleh hasil korelasi sebesar 0,601 dengan signifikansi 0,000 masuk dalam kategori koefisien korelasi kuat. Koefisien korelasi positif dan searah artinya jika variabel kredibilitas komunikator meningkat maka minat beli juga akan semakin meningkat. Peran variabel tingkat pendidikan sebagai variabel kontrol ialah melemahkan korelasi yang terjadi antara variabel kredibilitas komunikator dengan minat beli. Sehingga saran penulis ialah sebaiknya nilai kredibilitas dari presentator atau komunikator yang mewakili PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta lebih ditingkatkan lagi baik dari segi gaya berpakaian, penampilan, tutur kata, karakter kepribadian, jujur dalam menyampaikan pesan, dan menguasai serta handal dalam penyampaian pesan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi, Kredibilitas Komunikator, Minat beli, Sosialisasi |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 08:36 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 08:36 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7832 |
Actions (login required)
View Item |