KREDIBILITAS PRABOWO SEBAGAI CALON PRESIDEN INDONESIA MENURUT NYTIMES.COM (Analisis Framing Kredibilitas Prabowo Sebagai Calon Presiden Indonesia Menurut Portal Berita Online NYTimes.com Periode 26 Maret 2014 – 8 Juli 2014)

PRATIWI, HYASHINTA AMADEUS ONEN (2015) KREDIBILITAS PRABOWO SEBAGAI CALON PRESIDEN INDONESIA MENURUT NYTIMES.COM (Analisis Framing Kredibilitas Prabowo Sebagai Calon Presiden Indonesia Menurut Portal Berita Online NYTimes.com Periode 26 Maret 2014 – 8 Juli 2014). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004505.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Bab I)
KOM104505.pdf

Download (207kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204505.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304505.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404505.pdf

Download (58kB)
[img] Text (Bab V)
KOM504505.pdf

Download (540kB)

Abstract

Pada pemilu Indonesia 2014, Prabowo mencalonkan diri sebagai presiden. Pemilu ini tidak hanya diliput oleh media lokal atau nasional, tetapi juga media asing. Harian International New York Times edisi Asia Kamis (27/3/2014) menurunkan berita serta foto Prabowo di halaman satu mereka. Isi berita itu menyiratkan kekhawatiran pegiat HAM soal masa lalu Prabowo yang pernah menculik aktivis. Portal berita online NYTimes.com pun menyebut Amerika Serikat keberatan Prabowo menjadi presiden. Pemberitaan dari NYtimes.com tersebut menciptakan reaksi baik dari publik maupun media massa di Indonesia dan sedikitnya ada delapan portal media online di Indonesia yang memberitakannya. Apa yang ditulis oleh New York Times tidak hanya dibaca oleh orang asing tetapi juga menjadi sumber berita bagi media nasional. Dengan kata lain frame yang dibangun oleh NYTimes.com tentang kredibilitas Prabowo juga berpengaruh pada masyarakat Indonesia yang membaca portal berita di atas. Konsep kredibilitas dipilih karena menjadi salah satu hal penting dalam diri para calon presiden. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan teknik analisis framing dari Pan dan Kosicki pada level teks, serta teori proses framing oleh Dietram A. Scheufele pada level konteks. Dari temuan di analisis teks dan konteks didapatkan hasil penelitian bahwa NYTimes.com membentuk kredibilitas Prabowo secara negatif dari segi keterpercayaan kaitannya dengan kasus pelanggaran HAM yang diduga melibatkannya. Hal ini membuat elemen kompetensi menjadi tidak terlalu menonjol. Selain itu Jokowi dari segi tingkat keterpercayaan dianggap mempunyai tingkat keterpercayaan lebih tinggi dibanding Prabowo. Selain itu Prabowo mempunyai niat baik lewat programnya, walaupun elektabilitas Prabowo naik karena kampanye hitam, bukan hanya karena program atau visinya. Setelah penelitian ini dilakukan, saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian ini masih bisa disempurnakan lagi, baik secara teoritis dengan menggunakan konsep lain selain kredibilitas, seperti profiling atau hanya menggunakan dimensi keterpercayaan, membandingkan dengan media lain, dan menganalisis foto secara lebih detil maupun secara praktik dengan melakukan wawancara pada narasumber secara tatap muka agar lebih interaktif dan lengkap serta melibatkan native speaker dari AS untuk memahami frasa, kata, dan idiom dalam Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kredibilitas, Prabowo, NYTimes.com, framing
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Aug 2015 11:53
Last Modified: 24 Aug 2015 11:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item