HALAMAN JUDUL PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP MOTIVASI MEMBELI SMARTPHONE (Studi Explanatif tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Product Placement Samsung Smartphone pada Drama Korea BIG terhadap Tingkat Motivasi Membeli Produk Samsung Smartphone pada Followers Jogja Kpop Family)

PATRIOT, FRANSISKA XAVERIA PUTRI (2015) HALAMAN JUDUL PENGARUH PRODUCT PLACEMENT TERHADAP MOTIVASI MEMBELI SMARTPHONE (Studi Explanatif tentang Pengaruh Tingkat Terpaan Product Placement Samsung Smartphone pada Drama Korea BIG terhadap Tingkat Motivasi Membeli Produk Samsung Smartphone pada Followers Jogja Kpop Family). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004435.pdf

Download (176kB)
[img] Text (Bab I)
KOM104435.pdf

Download (376kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304435.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404435.pdf

Download (64kB)
[img] Text (Bab V)
KOM504435.pdf

Download (119kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204435.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh tingkat terpaan product placement Samsung smartphone pada drama Korea BIG terhadap tingkat motivasi membeli produk Samsung smartphone. Variabel dari penelitian ini ada 3 yaitu variabel tingkat terpaan product placement Samsung smartphone pada drama Korea BIG sebagai variabel independent dan variabel tingkat motivasi membeli produk Samsung smartphone sebagai variabel dependent serta variabel kelompok referensi sebagai variabel kontrol. Penelitian ini juga menggunakan teori dari classical conditioning theory. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian survei. Populasi dari penelitian ini adalah followers akun twitter @jogjakpopfamily dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan skala likert. Pengujian dari penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas pertanyaan serta menggunakan uji korelasi parsial dan regresi linear serta berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dari tingkat terpaan product placement Samsung smartphone pada drama Korea BIG terhadap tingkat motivasi dari konsumen atau penonton untuk membeli produk samasung smartphone, hasil tersebut didapat dari perhitungan yang menunjukkan nilai signifikan variabel tingkat terpaan adalah 0,241 > 0,05 sehingga ditemukan tidak ada pengaruh. Saat variabel kontrol dimasukkan, yaitu variabel kelompok referensi rupanya ada pengaruh yang signifikan atara variabel tingkat terpaan product placement Samsung smartphone terhadap tingkat motivasi membeli produk Samsung smartphone saat dikontrol oleh variabel kelompok referensi. Nilai signifikan yang didapat adalah 0,001< 0,005 sehingga perhitungan variabel-variabel tersebut terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil studi ini diharapkan berguna bagi penelitian selanjutnya yang menggunakan teori classical conditioning dan para pengiklan dalam menentukan teknik beriklan, karena tidak terbuktinya pengaruh intensitas terpaan penempatan produk terhadap tingkat motivasi membeli produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Product Placement, Motivasi Membeli
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Aug 2015 09:07
Last Modified: 25 Aug 2015 09:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item