KEPUASAN AUDIENCE TERHADAP RUBRIK DETIK I-NET PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM (Studi Kuantitatif Kepuasan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UAJY terhadap Informasi Teknologi pada Rubrik Detik I-net Media Online Detik.Com)

Hermanto, Ricky Christian (2011) KEPUASAN AUDIENCE TERHADAP RUBRIK DETIK I-NET PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM (Studi Kuantitatif Kepuasan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UAJY terhadap Informasi Teknologi pada Rubrik Detik I-net Media Online Detik.Com). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02875.pdf

Download (823Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02875.pdf

Download (1474Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02875.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02875.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3928Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02875.pdf

Download (1626Kb)

Abstract

Teknologi semakin berkembang, kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang cepat dan mudah membuka peluang bagi media online untuk bersaing dengan media cetak dan penyiaran. Perkembangan bisnis internet di Indonesia sekarang ini mencapai sebuah titik momentum baru setelah sekitar 15 tahun bergelut mencari eksistensi di tengah gejolak perubahan dalam negeri dan deru globalisasi. Detik.Com menjadi ikon ekonomi baru yang berkembang menjadi sebuah bisnis yang pesat bermodalkan gagasan dan pemikiran mencari alternatif pemberitaan baru di tengah-tengah perubahan itu. Persaingan media massa yang semakin ketat menjadikan suatu riset kepuasan audience penting untuk dilakukan. Kepuasan audience terpaparkan dalam teori Uses and Gratifications. Sesuai teori ini, audience menggunakan media didorong oleh motif-motif. Motif yang diharapkan disebut Gratification Sought (GS) sedangkan motif yang didapat setelah menggunakan media disebut dengan Gratification Obtained (GO). Kepuasan audience dapat diketahui dengan menghitung selisih antara GS dan GO. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan mahasiswa Teknik Informatika UAJY terhadap informasi teknologi pada rubrik Detik i-net media online Detik.Com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden tidak puas terhadap informasi teknologi pada rubrik Detik i-net media online Detik.Com. Berdasarkan hasil dari uji mean dimana jumlah skor mean GS dibandingkan dengan jumlah skor mean GO, skor GO lebih kecil dibanding skor GS dengan selisih 0,35. Artinya kepuasan yang diterima lebih kecil dari motif kebutuhan yang diharapkan. Media belum memuaskan khalayaknya sehingga Hipotesi alternatif (Ha) awal penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gratification Sought, Gratification Obtained, Kepuasan.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:09
Last Modified: 01 May 2013 08:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item