PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK USAHA AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) BERKENAAN PERSAINGAN MEREK

Kristanto, Adil Saksi (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK USAHA AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) BERKENAAN PERSAINGAN MEREK. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MIH01170.pdf

Download (166Kb)
[img] Text (Bab I)
1MIH01170.pdf

Download (82Kb)
[img] Text (Bab II)
2MIH01170.pdf

Download (132Kb)
[img] Text (Bab III)
3MIH01170.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MIH01170.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626Kb)
[img] Text (Bab V)
5MIH01170.pdf

Download (101Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama ini dalam usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan (2) perlindungan hukum terhadap merek usaha AMDK akibat persaingan merek usaha. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Untuk memecahkan problematika hukum dalam penelitian ini juga digunakan data sekunder yang meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Untuk menarik kesimpulan dilakukan secara deduktif yaitu cara berfikir yang bertolak belakang dengan kenyataan. yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian memperlihatkan persaingan merek dalam dunia usaha AMDK khususnya kepemilikan hak atas merek AQUA ditunjukkan dalam berbagai bentuk pelanggaran yakni: (1) pelanggaran hak atas merek dengan cara meniru nama merek dan penyajian grafis, (2) pemalsuan, (3) persaingan tidak sehat dalam penetapan harga di bawah harga pasar, (4) pelanggaran isi ulang, dan (5) persaingan melalui penebaran isu negatif terhadap merek AQUA. Perlindungan hukum yang dilakukan PT. AQUA Golden Mississippi Tbk selama mi terhadap persaingan merek ditunjukkan dengan beberapa hal yakni: (1) melakukan pendaftaran hak atas merek dan melakukan perpanjangan waktu perlindungan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan, disertai deengan pencantuman sticker atau tulisan pada botol AQUA serta publikasi merek melalui media iklan televisi dan pertemuan ibu-ibu pada saat arisan, (2) gugatan atas pelanggaran merek yang dilakukan melalui somasi dan gugatan ke Pengadilan Niaga. Perlindungan hukum terhadap merek AQUA selama ini belum maksimal. Banyaknya pelanggaran terhadap merek AQUA merupakan salah satu bukti bahwa belum ada upaya perlindungan hukum terhadap merek AQUA baik oleh pihak PT AQUA Golden Mississippi Tbk sendiri maupun pemerintah untuk menertibkan para pelaku pelanggaran merek tersebut. Pihak PT AQUA Golden Mississippi Tbk. sendiri kurang mengontrol efektivitas tulisan dan sticker yang tertera pada botol AQUA. Pihak PT AQUA Golden Mississippi Tbk sendiri kurang serius menindaklanjuti tindakan pemalsuan dan pengisian clang botol merek AQUA di depot-depot isi ulang meskipun banyak dijumpai. Sementara dari pihak aparat keamanan, tidak melakukan penertiban terhadap pelanggaran terhadap merek AQUA seperti isi ulang yang dilakukan depot isi ulang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persaingan merek usaha,merek AQUA, pendaftaran hak atas merek,hak atas merek.
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Aug 2015 13:19
Last Modified: 28 Aug 2015 13:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7857

Actions (login required)

View Item View Item