CITRA PT ANGKASA PURA I BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA AKIBAT BENCANA GUNUNG MERAPI PADA TAHUN 2010 (Analisis Isi Berita Penutupan Bandara Adisutjipto Yogyakarta Akibat Merapi Dalam Suratkabar Periode November 2010)

Sukma, Dian Kalista (2011) CITRA PT ANGKASA PURA I BANDARA ADISUTJIPTO YOGYAKARTA AKIBAT BENCANA GUNUNG MERAPI PADA TAHUN 2010 (Analisis Isi Berita Penutupan Bandara Adisutjipto Yogyakarta Akibat Merapi Dalam Suratkabar Periode November 2010). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02931.pdf

Download (992Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02931.pdf

Download (3915Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02931.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3625Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02931.pdf

Download (1302Kb)

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang menyimpan tidak kurang dari 139 gunung berapi aktif yang berpotensi untuk meletus. Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magelang Jawa Tengah merupakan salah satunya. Tepat pada 26 Oktober 2010, Merapi kembali meletus dan mengakibatkan adanya hujan abu. Hujan abu yang terus turun menyebabkan jalanan tertutup abu hamper setebal 1cm dan menganggu aktivitas di bandara Adisutjipto Yogyakarta karena menyebabkan landasan pacu tertutup dan membahayakan aktivitas penerbangan. Oleh karena itu, PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta memutuskan untuk menutup sementara bandara. Penutupan bandara akibat abu vulkanik Merapi mendapat sorotan baik dari media cetak maupun elektronik, terutama ditujukan kepada PT Angkasa Pura I bandara Adisutjipto Yogyakarta sebagai pihak yang memiliki otoritas terhadap bandara. Pemberitaan itu bisa saja bernada positif, negatif, maupun netral dan akan berdampak pada citra dari PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Media memiliki kekuatan untuk mempengaruhi persepsi publik dan sebagai pihak ketiga antara organisasi dan publik yang dapat merepresentasikan citra. Apa yang menjadi penting bagi media maka akan menjadi penting pula bagi publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta dalam surat kabar terkait pemberitaan mengenai penutupan bandara. Peneliti menggunakan metode analisis isi kuantitatif untuk melihat kecenderungan isi pesan dalam pemberitaan tersebut. Melalui kecenderungan tersebut dapat terlihat seperti apa media menggambarkan atau mencitrakan PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua kategori yaitu fisik berita dan isi berita. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kecenderungan pemberitaan adalah format straight news, posisi berita di halaman depan, termasuk dalam kategori berita panjang, focus berita pada upaya yang dilakukan PT Angkasa Pura I bandara Adisutjipto Yogyakarta, memiliki kelengkapan unsur 5W dan 1H, tidak memuat foto, tidak digabung dengan berita lain, narasumber eksternal, tone positif, angle perusahaan, dan atribut kesempurnaan kerja. Dalam surat kabar, PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta digambarkan secara positif sebagai perusahaan yang bertanggung jawab yang selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang dengan melakukan berbagai tindakan konkrit dan teliti dalam mengambil setiap keputusan terkait dengan penutupan bandara tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: citra perusahaan (corporate image), media massa
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:12
Last Modified: 01 May 2013 09:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item