TAMPILAN RUANG SEBAGAI IDENTITAS ORGANISASI (KASUS: DISCOVERY CAFÉ, YOGYAKARTA)

Agus, Christella Maria Violieta (2011) TAMPILAN RUANG SEBAGAI IDENTITAS ORGANISASI (KASUS: DISCOVERY CAFÉ, YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02971.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02971.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02971.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02971.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02971.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Situasi persaingan yang semakin ketat antar perusahaan jasa café menyebabkan customer memiliki semakin banyak pilihan. Untuk menarik minat konsumen membutuhkan sebuah sarana pembangun identitas perusahaan, sehingga dapat mudah dibedakan dengan perusahaan lain. Penelitian ini mengangkat pentingnya sebuah tampilan ruang sebagai identitas sebuah organisasi. Identitas sebagai unsure yang dapat membentuk citra. Tampilan ruang merupakan unsur dari komunikasi nonverbal. Berdasarkan penelitian Edward T. Hall pengaturan jarak di dalam ruang dan segala pelengkap didalamnya bergantung pada kebudayaan dan norma-norma yang berlaku. Agar terhindar dari ketidakberhasilan dalam membawakan identitasnya, maka perlu diketahui pula pentingnya unsur-unsur tampilan ruang yang baik. Subyek penelitian ini adalah pihak pengelola dan pelanggan DISCOVERY CAFE. Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pihak manajemen dan customer loyal DISCOVERY CAFÉ. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Analisis data menggunakan proses mengelompokkan data dalam pola dan satuan uraian dasar sehingga dapat dirumuskan hipotesis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tampilan ruang sebagai salah satu simbol dari identitas organiasi yang dapat membentuk citra. Maka untuk dapat menciptakan identitas yang baik dan kuat melalui tampilan ruang, sebuah organisasi harus dapat menguasai unsur-unsur tampilan ruang yang dapat membentuk terciptanya identitas perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tampilan Ruang, Identitas, Organisasi
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:33
Last Modified: 01 May 2013 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item