HUBUNGAN IKLAN MEDIA CETAK DENGAN MINAT MEMBELI (Study Korelasi antara Daya Tarik Iklan Media Cetak dengan Minat Membeli Blackberry di Visitel Yogyakarta)

Bramantio, Dimas (2011) HUBUNGAN IKLAN MEDIA CETAK DENGAN MINAT MEMBELI (Study Korelasi antara Daya Tarik Iklan Media Cetak dengan Minat Membeli Blackberry di Visitel Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03013.pdf

Download (1843Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03013.pdf

Download (218Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03013.pdf

Download (5Mb)

Abstract

Salah satu bentuk promosi untuk mempromosikan suatu produk yang cukup efektif adalah iklan. Iklan yang menarik akan dapat memberikan stimulus kepada konsumen sehingga konsumen berminat membeli produk yang diiklankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara daya tarik iklan media cetak dengan minat membeli Blackberry di Visitel Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar atau membagikan kuesioner kepada sampel penelitian. Uji instrumen menggunakan analisis validitas dan reliabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional dan untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi product moment. Variabel daya tarik iklan BlackBerry di media cetak masuk dalam kategori sedang dengan nilai mean sebesar 31,1. Dilihat per faktor, semua faktor pada variabel daya tarik iklan BlackBerry di media cetak masuk kategori sedang dengan mean tertinggi faktor physical attributes sebesar 10,8 dan mean terendah faktor asosiasi produk sebesar 10,1. Iklan BlackBerry belum mempunyai daya tarik yang tinggi karena pada umumnya iklan BlackBerry hanya menyajikan gambar bentuk dan model BlackBerry disertai harga dan toko tempat penjualannya.Variabel minat membeli BlackBerry di Visitel Yogyakarta masuk dalam kategori sedang dengan nilai mean ebesar 23,7. Dilihat per faktor, semua faktor pada variabel minat membeli BlackBerry di Visitel Yogyakarta masuk kategori sedang dengan mean tertinggi faktor perhatian dan rasa senang sebesar 7,9 dan mean terendah faktor keinginan sebesar 7,8. Minat membeli BlackBerry di Visitel Yogyakarta masuk kategori sedang karena minat dipengaruhi oleh daya tarik iklan dan daya tarik iklan Blackberry hanya msuk kategori sedang. Uji hipotesis berdasarkan analisis korelasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,590 lebih besar dari rtabel (0,250) untuk taraf signifikansi 5% atau rhitung > rtabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis nol yang menyatakan “Tidak ada korelasi antara daya tarik iklan media cetak terhadap minat membeli BlackBerry di Visitel Yogyakarta” dinyatakan ditolak atau dengan kata lain terdapat korelasi antara daya tarik iklan media cetak dengan minat membeli BlackBerry di Visitel Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik iklan, media cetak, minat membeli.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:39
Last Modified: 01 May 2013 08:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item