KEPUASAN WARGA SIDOREJO TERHADAP SIARAN INFORMASI PENANGGULANGAN BENCANA GUNUNG MERAPI DI RADIO KOMUNITAS LINTAS MERAPI (Studi Deskripstif Kuantitatif tentang Kepuasan Pendengar di Desa Sidorejo Kemalang Klaten terhadap Siaran Informasi Penanggulangan Bencana Gunung Merapi di Radio Komunitas Lintas Merapi)

F, Anastasia Catur Ema (2011) KEPUASAN WARGA SIDOREJO TERHADAP SIARAN INFORMASI PENANGGULANGAN BENCANA GUNUNG MERAPI DI RADIO KOMUNITAS LINTAS MERAPI (Studi Deskripstif Kuantitatif tentang Kepuasan Pendengar di Desa Sidorejo Kemalang Klaten terhadap Siaran Informasi Penanggulangan Bencana Gunung Merapi di Radio Komunitas Lintas Merapi). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03032.pdf

Download (2867Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03032.pdf

Download (1745Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1004Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3595Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03032.pdf

Download (29Mb)

Abstract

Media komunitas berkembang seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai hak untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Radio Lintas Merapi sebagai media komunitas yang berada di daerah Kemalang Klaten melayani kebutuhan informasi masyarakat yang ada di lereng gunung Merapi. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kepuasan warga Sidorejo sebagai salah satu wilayah yang dekat dengan radio Lintas Merapi terhadap siaran informasi mengenai penanggulangan bencana gunung Merapi. Apakah masyarakat merasa kebutuhan informasinya terpenuhi sehingga terjadi kepuasan atau malah sebaliknya. Penelitian ini melibatkan 79 responden yang merupakan warga Sidorejo dan mereka adalah pendengar radio Lintas Merapi dengan kriteria minimal mendengarkan radio ini 2 kali dalam seminggu. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa warga Sidorejo mengalami kepuasan dalam kategori identitas pribadi dan kategori hiburan dimana nilai mean GS < nilai mean GO. Kepuasan yang diperoleh warga Sidorejo lebih besar daripada harapan yang dimilikinya. Pada kategori informasi serta integrasi dan interaksi sosial belum terjadi kepuasan karena harapannya lebih besar dari kepuasan yang telah diperolehnya. Hal ini disebabkan karena terbatasnya SDM yang ada serta penelitian yang diadakan di bulan Juni dapat berpengaruh pada hasil penelitian karena pada bulan itu gunung merapi dalam masa tenang. Uji t-test yang dilakukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara GS dan GO dalam semua kategori.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: radio komunitas, tingkat kepuasan, gratification sought, gratification
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:42
Last Modified: 01 May 2013 08:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item