W, Andreas Pramudya (2011) EVALUASI PROGRAM PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM REGIONAL IV JATENG & DIY (Studi Kasus Program Broadband Learning Center Telkom Speedy). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03053.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03053.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03053.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03053.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03053.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Aktivitas komunikasi eksternal public relations merupakan sebuah jembatan komunikasi sebuah perusahaan kepada publiknya. Dalam melakukan aktivitas komunikasi eksternal tersebut banyak langkah yang bisa ditempuh oleh public relations seperti salah satunya yakni melalui sebuah program public relations. Program public relations diwujudkan untuk menunjang perusahaan dalam mencapai goodimage perusahaan. Dalam menjalankan sebuah program, public relations memiliki empat langkah dalam menjalankan sebuah program yakni fact finding, planning & programming, taking action & communicating, and evaluations. Pada langkah evaluations dalam menjalankan sebuah program merupakan langkah penting public relations. Langkah evaluations dapat memberikan gambaran dalam melihat keberhasilan sebuah program yang telah dijalankan. Tujuan dari evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegiatan public relations benar-benar dilaksanakan menurut rencana berdasarkan hasil penelitian atau tidak. Jadi evaluasi penting sekali, tanpa penilaian, tidak akan diketahui sampai dimana kelancaran kegiatan public relations yang telah berlangsung (Effendy, 2002;131). Public Relations PT Telkom Regional IV Jateng & DIY menjalankan sebuah program yang bernuansa social. Program tersebut adalah Broadband Learning Center , program yang bertujuan untuk turut dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam hal teknologi informasi. Dalam menjalankan program ini, public relations PT Telkom Regional IV Jateng & DIY mengacu pada langkah kerja IPO yakni Input, Proses, dan Ouput. Pada tahap-tahap tersebut juga terdapat langkah evaluasi pada program Broadband Learning Center yang telah dijalankan. Evaluasi yang dilakukan yakni untuk mengetahui apakah program public relations telah benar-benar dilaksanakan, dan evaluasi yang dilaksanakan oleh public relations berupa penilaian terhadap beberapa factor dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga tahap dampak dari program Broadband Learning Center PT Telkom Regional IV Jateng & DIY. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus, metode ini digunakan untuk dapat memahami sebuah kasus tersebut mulai dari tahap persiapan hingga tahap impact. metode studi kasus merupakan metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan, dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi, atau peritiwa secara sistematis. Pada akhirnya, evaluasi program public relations akan dinilai pada tiap tahap, dan fokus pada tahap impact dari program yang telah dijalankan. Kategori evaluasi program public relations juga penting dalam menentukan tujuan dari program tersebut. Evaluasi program juga akan membantu public relations dalam menentukan langkah dan tindakan untuk kegiatan program selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Public Relations, Evaluasi Public Relations, Tingkat Penilaian Program |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 23 Apr 2013 13:44 |
Last Modified: | 01 May 2013 09:09 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/797 |
Actions (login required)
View Item |