HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN PESAN DENGAN SIKAP UNTUK MELAKUKAN PELAYANAN DI GEREJA ( Kasus di Gereja Tabernakel Anugrah Elia )

Lesmana, Agata (2011) HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENERIMAAN PESAN DENGAN SIKAP UNTUK MELAKUKAN PELAYANAN DI GEREJA ( Kasus di Gereja Tabernakel Anugrah Elia ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03058.pdf

Download (1718Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03058.pdf

Download (2219Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03058.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2303Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03058.pdf

Download (1183Kb)

Abstract

Sikap seseorang terhadap objek sosial dan isu tertentu merupakan hasil proses pertimbangan (judgement) yang terjadi dalam diri orang tersebut terhadap pokok persoalan yang dihadapi. Ketika seseorang memutuskan untuk menyikapi suatu pesan persuasif yang diterimanya, ada pertimbangan sosial dalam dirinya yang pada akhirnya pertimbangan tersebut akan mempengaruhi bagaimana orang tersebut bersikap terhadap obyek tersebut. Penelitian skripsi dengan judul “Hubungan Efektivitas Penerimaan Pesan dan Sikap untuk Melakukan Pelayanan di Gereja (Kasus di Gereja Tabernakel Anugrah Elia)” ini bertujuan untuk melihat hubungan diantara kedua variabel tersebut. Sebagai landasan dari penelitian ini, peneliti menggunakan teori dasar mengenai komunikasi persuasif, teori pertimbangan sosial dan teori sikap. Teori pokok yang digunakan ada teori pertimbangan sosial. Hal ini digunakan peneliti sebagai acuan untuk mengetahui efektivitas penerimaan pesan yang terjadi pada anggota pelayan Tuhan di gereja tersebut. Peneliti menurunkan menjadi dua variabel yaitu efektivitas penerimaan pesan sebagai variabel independen dan sikap sebagai variabel dependen. Peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji distribusi frekuensi dan analisis korelasi product momen sebagai dasar dari proses analisis data. Untuk keperluan proses analisa data tersebut peneliti menggunakan aplikasi program SPSS 15. Berdasar pada hasil olah data diketahui bahwa korelasi antara variabel X dan Y adalah 0,667, sehingga dapat dinyatakan hubungan antara efektivitas penerimaan pesan dan sikap memiliki hubungan yang kuat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara efektivitas penerimaan pesan dan sikap terbukti dengan hasil dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, efektivitas penerimaan pesan dan sikap.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:45
Last Modified: 01 May 2013 08:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item