Datu Bala , Theo (2008) ANALISIS KAPASITAS PARKIR KENDARAAN DI PELABUHAN MALUNDUNG TARAKAN KALIMANTAN TIMUR. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TS10522.pdf Download (367kB) |
|
Text (Bab I)
1TS10522.pdf Download (204kB) |
|
Text (Bab II)
2TS10522.pdf Download (150kB) |
|
Text (Bab III)
3TS10522.pdf Download (292kB) |
|
Text (Bab IV)
4TS10522.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
Text (Bab V)
5TS10522.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
6TS10522.pdf Download (806kB) |
Abstract
Pelabuhan Malundung Tarakan memepunyai peranan penting dalam transportasi antar pulau di Kalimantan Timur khususnya di Tarakan. Pelabuhan ini juga merupakan prasarana transportasi antar Negara hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan transportasi laut Tarakan ke Tawao (salah satu kota di malaysia). Pelabuhan sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Tarakan terutama bagi nelayan dan kapal-kapal local. Pelabuhan Malundung Tarakan juga menyediakan sarana parkir dalam melayani kendaraan penumpang namun untuk saat ini ruang parkir yang ada sudah tidak mampu lagi menampung kendaraan yang parkir terutama areal parkir roda empat. Data yang diperoleh, peneliti harus melakukan penelitian di lapangan melalui beberapa tahap antara lain :survei lokasi, mencari data, penyebaran angket bagi penumpang untuk mendapatkan opini pengguna parkir. Analisis karakteristik parkir meliputi akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, turnover parkir dan indeks parkir. Analisis kapasitas parkir berdasarkan SRP, analisis opini pengguna parkir. Setelah semua data di peroleh dapat di ketahui besar kebutuhan ruang parkir Dari penelitian yang telah di lakukan dapat di simpulkan bahwa akumulasi maksimum untuk sepeda motor sebesar 28 kendaraan, untuk mobil sebesar 125 kendaraan, dan taksi sebesar 7 kendaraan. Durasi merata untuk sepeda motor 18,4320, untuk moil sebesar 16,6961 dan taksi 3,9035. volume parkir maksimum sepeda motor sebesar 528, mobil sebesar 2409 dan taksi sebesar 356. turnover maksimum untuk sepeda motor sebesar 23,8333 dan untuk kendaraan roda empat sebesar 31,7589. indeks parkir sebesar 35,9258. pada penelitian yang di lakukan di lapangan, berdasarkan SRP di dapat kapasitas parkir motor setelah penataan ulang sebesar 115 kendaraan untuk menampung kendaraan pada jam puncak. Sedangkan untuk kendaraan roda empat setelah di lakukan penataan ulang yaitu dengan pengoptimalan areal untuk ruang parkir, di dapat ruang parkir baru untuk roda empat yang dapat menampung 299 kendaraan, hal ini berarti ruang parkir yang ada setelah penataan ulang menjadi 419 kendaraan dengan kapasitas kendaraan Taxi 20 kendaraan dan Mobil 399 kendaraan. Pada areal parkir sepeda motor harus di beri rambu-rambu serta marka pembatas kendaraan satu dengan yang lain untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam melayani pengguna parkir.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | parkir, akumulasi, durasi, volume, turnover, indeks parkir, kapasitas |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 Oct 2015 07:55 |
Last Modified: | 26 Oct 2015 07:55 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8218 |
Actions (login required)
View Item |