LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PENITIPAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI YOGYAKARTA

Chandra, Silvia Maycella Yufica (2011) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT PENITIPAN DAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA12160.pdf

Download (1482Kb)
[img] Text (Bab I)
1TA12160.pdf

Download (353Kb)
[img] Text (Bab II)
2TA12160.pdf

Download (860Kb)
[img] Text (Bab III)
3TA12160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TA12160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287Kb)
[img] Text (Bab V)
5TA12160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5Mb)
[img] Text (Bab VI)
6TA12160.pdf

Download (1977Kb)

Abstract

Ketika anak masuk Playgroup atau TK, berarti anak tersebut berada di dunia yang baru,yang berbeda dengan dunia kesehariannya yaitu di dalam dunia keluarga. Agar anak tersebut merasa nyaman berada di dunianya yang baru maka dibutuhkan suasana yang mendukung. Suasana yang mendukung haruslah memperhatikan keadaan fisik, psikologi dan kreativitas anak yang ketiga perkembangan tersebut dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Penyediaan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan belajar dan bermain, pengolahan tata ruang, pemakaian warna, dan khususnya pemanfaatan unsur alam terutama pada ruang belajar dan ruang bermain sehingga dapat menstimulasi kemampuan berpikir (IQ), mendukung kecerdasan emosional (EQ) dan kreativitas anak usia dini (CQ). Yogyakarta sebagai kota pelajar dan pendidikan akan lebih berkembang dengan terciptanya sebuah sekolah yang menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan belajar dan bermain, pengolahan tata ruang, pemakaian warna, dan khususnya pemanfaatan unsur alam pada ruang belajar dan bermain. Misi pengembangan kualitas pendidikan akan semakin nyata dengan adanya sekolah ini yang dapat menjadi embrio bagi sekolah lainnya. Tampilan desain arsitektural dari bangunan sekolah tersebut sangatlah perlu ditata sesuai dengan fungsinya sebagai tempat bermain dan belajar, untuk memotivasi dan mendukung interaksi positif pengguna di dalamnya. Dengan demikian, diperlukan Pusat Penitipan dan Pendidikan Anak Usia Dini Di Yogyakarta, sebuah kompleks sekolah yang menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan belajar dan bermain, pengolahan tata ruang, pemakaian warna, adanya keamanan dan pengawasan terhadap anak dan khususnya memanfaatkan unsur alam pada ruang belajar dan bermain sebagai landasan utama. Pusat Penitipan dan Pendidikan Anak Usia Dini Di Yogyakarta sendiri merupakan sebuah tempat penitipan dan pendidikan anak usia dini yang sangat efektif mengembangkan minat belajar dan kualitas pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Penitipan dan Pendidikan Anak Usia Dini, Penyediaan Fasilitasfasilitas Yang Mendukung Kegiatan Belajar Dan Bermain, Pengolahan Tata Ruang, Pemakaian Warna, Keamanan dan Pengawasan dan Pemanfaatan Unsur Alam Terutama Pada Ruang Belajar Dan Ruang Bermain.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:50
Last Modified: 03 May 2013 08:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item