HUTABALIAN, FRENKO PARULIAN (2015) ANALISTS KESELAMATAN LALU LINTAS Dl RUAS JALAN TANJAKAN ALE ALE PADANG BULAN, JAYAPURA. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS013817.pdf Download (971kB) |
|
Text (Bab I)
TS113817.pdf Download (158kB) |
|
Text (Bab II)
TS213817.pdf Download (102kB) |
|
Text (Bab III)
TS313817.pdf Download (174kB) |
|
Text (Bab IV)
TS413817.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text (Bab V)
TS513817.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (Bab VI)
TS613817.pdf Download (84kB) |
Abstract
Laju pertumbuhan penduduk dan mcningkatnya jumlah kepemilikan kendaraan tak dapat di batasi sehingga semakin besar kebutuhan setiap orang yang harus di penuhi. Hal ini mengaki batkan bertambahnya kepadatan arus lalu lintas, keadaan ini mcmbuat tak jarang terjadi kcpadatan arus lau lintas pada jam-jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari sehingga banyak dari beberapa pengendara yang tidak menaat i mmbu-rambu lalu lintas dan tidak berbati-hati dalam berkendarn yang mcngakibatkan terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itu peran sarana dan prasarana transportasi mempunyai peranan penting da lam perkembangan arus lalu lintas dimana J)\-'t'tUmbuhan sarana dan prasarana jalan harus dapat mcngimbangi kepadatan arus lalu lintas di kota Jayapura. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2015 sampai Mei 2015. Data primer yamg digunakan adalah keadaan fisik dari lokasi penelitian di ruas Jalan Tanjakan Ale Ale Padang Bulan, Jayapura, tata guna lahan, fasiJitas pclcngkap jalan dan pengukuran kecepatan kendaraan saat melintas di ruas Jalan Tanjakan Ale Ale Padang Bulan, Jayapura.Data sekundcr dipcro1ch dari instansi pemcrintah yang bcrhubungan dengan tugas akhir yang di bual, scperti data kecclakaan lalu lintas dari POLRES Jayapura dan data goometrik jalan dari Bina Marga Jayapura setelah itu di analisis menggunakan i11venluri.msi data. J lasil anal isis data menunjukkan bahwa lokasi blac /c spot, terdapat tepat pada Sta 2+500 dengan 1 4 kejadian. Penyebab kccclakaan lalu lintas paling tinggi disebabkan olch manusia, dimana pcngcndara memacu kcndaraan dcngan kccepatan tinggi discrtai dengan mengkonsumsi minuman kcras schingga melewati kcccpatan rerata yang di rencanakan 60 km am. Tipe kejadian kccelakaan yang scring tcrjadj sclama tiga tahun tcrakhir dari tahun 201 2-2014 adalah t ipe head on (depan-depan), penycbabnya adalah bebcrapa lampu pcnerangan jalan yang tidak hidup, drainasc jalan yang terbuka, serta tidak tcrdapat median jalan pada lokasi pcnclitian, schingga arus lalu lintas pada ruas JaJan Tanjakan Ale Ale padang Bulan, Jayapura mcnjadi tidak teratur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecelakaan, black spot, fasilitas pelengkap jalan, kecepatan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 08:49 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 08:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8346 |
Actions (login required)
View Item |