ANALISIS PENGARUH KLAKSON DAN LAMPU TERHADAP PERFORMANSI KERJA PENGENDARA SEPEDA MOTOR

Prabowo, Thomas Luis (2008) ANALISIS PENGARUH KLAKSON DAN LAMPU TERHADAP PERFORMANSI KERJA PENGENDARA SEPEDA MOTOR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI04257.pdf

Download (194Kb)
[img] Text (Bab I)
1TI04257.pdf

Download (146Kb)
[img] Text (Bab II)
2TI04257.pdf

Download (102Kb)
[img] Text (Bab III)
3TI04257.pdf

Download (246Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TI04257.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811Kb)
[img] Text (Bab V)
5TI04257.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TI04257.pdf

Download (213Kb)

Abstract

Waktu respon atau respon time pengendara sepeda motor merupakan aspek performansi kerja yang sangat penting bagi pengendara sepeda motor Penggunaan klakson sebagai sinyal diharapkan mampu meningkatkan waktu respon atau respontime pengendara. Klakson yang ada saat ini belum maksimal karena hanya memanfaatkan indera pendengaran manusia saja. Penggunaan lampu bersamaan dengan bunyi klakson diharapkan lebih mampu meningkatkan atau mempercepat respontime pengendara sepeda motor karena memanfaatkan indera pendengaran dan penglihatan manusia. Analisis yang dilakukan adalah analisis varian (ANOVA). Analisis ini digunakan untuk melihat signifikan atau tidaknya perubahan rata-rata waktu respon yang terjadi antara kedua pengujian (klakson & klakson dengan lampu). Analisis lain yang digunakan yaitu analisis kinematika satu dimensi. Analisis ini digunakan untuk menentukan waktu respon minimal seseorang supaya tidak terjadi kecelakaan. Hasil analisis yang dilakukan terhadap waktu respon pengendara sepeda motor yaitu tidak ada perubahan signifikan pada jarak 11 m dan 15 m. Pada jarak 12 m, 13 m,17 m ada perubahan signifikan waktu respon pengendara sepeda motor.Hasil analisis kinematika satu dimensi menunjukkan bahwa pada jarak 11 m, 12 m,13 m, dan 17 m terjadi penurunan probabilitas kecelakaan. Pada jarak 15 m probabilitas kecelakaan tidak mengalami perubahan (Tetap).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ergonomics
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Nov 2015 10:48
Last Modified: 18 Nov 2015 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8389

Actions (login required)

View Item View Item