PERANCANGAN FASILITAS KERJA BERDASARKAN ANALISIS POSTUR KERJA PADA PERAJIN GERABAH KASONGAN YOGYAKARTA DI HOME INDUSTRY IBU TINEM

Parasti, Novena Ayu (2013) PERANCANGAN FASILITAS KERJA BERDASARKAN ANALISIS POSTUR KERJA PADA PERAJIN GERABAH KASONGAN YOGYAKARTA DI HOME INDUSTRY IBU TINEM. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI05608.pdf

Download (2386Kb)
[img] Text (Bab I)
1TI05608.pdf

Download (330Kb)
[img] Text (Bab II)
2TI05608.pdf

Download (208Kb)
[img] Text (Bab III)
3TI05608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1123Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TI05608.pdf

Download (1007Kb)
[img] Text (Bab V)
5TI05608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2785Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TI05608.pdf

Download (667Kb)

Abstract

Proses penggilingan merupakan proses pembuatan guci yang terbuat dari bahan dasar gerabah dan dibentuk dengan bantuan alat giling. Pada proses penggilingan guci rumbai ukuran 85 cm di home industry Ibu Tinem memiliki tiga tahap. Hal yang membedakan dari tahap-tahap tersebut adalah ukuran dan bentuk tiap tahap. Proses pembuatan guci dilakukan pekerja dengan cara duduk dibangku kecil dengan alat harus diputar. Pada saat memutar alat giling pekerja menggunakan kaki atau tangan. Posisi tubuh pekerja membungkuk dan kaki tertekuk. Ketinggian alat giling yang rendah membuat pekerja harus membungkuk sewaktu akan mengangkat dan meletakkan guci. Keluhan yang dirasakan oleh pekerja pada bagian bahu, lengan, kaki, punggung, pantat, dan perut. Melihat hal tersebut, dalam penelitian ini maka peneliti menganalisis postur tubuh pekerja tiap elemen. Metode yang digunakan adalah dengan metode REBA. Metode REBA tepat untuk menganalisis aktivitas yang menggunakan tubuh bagian atas. Software CATIA juga digunakan dalam penelitian ini untuk mengambarkan postur kerja yang baru setelah dilakukan perbaikan. Hasil analisis menyimpulkan ternyata postur kerja pada elemen gerakan tidak aman dan perlu perbaikan. Usulan perbaikan yang diberikan adalah merancang kursi kerja, meja alat giling, dan perancangan alat bantu seperti tempat tanah liat, tempat tatakan guci, serta meja untuk meletakkan hasil guci. Hasil perbaikan tersebut menunjukkan penurunan skor postur kerja pada proses penggilingan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: REBA, postus tubuh, musculoskeletal
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Apr 2013 13:19
Last Modified: 30 Apr 2013 13:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item