PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN GEREJA DENGAN DISCONNECTED DATABASE MELALUI WEB SERVICE

Soeprapto, Jeffrey (2011) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN GEREJA DENGAN DISCONNECTED DATABASE MELALUI WEB SERVICE. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TF05232.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TF05232.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TF05232.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TF05232.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF05232.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TF05232.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TF05232.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tersebarnya gereja-gereja katolik menjadi kendala dalam proses pendataan umat. Data umat yang dicatat secara manual sudah sangat tidak efektif lagi dan membutuhkan waktu lama untuk melakukan hal tersebut. Hal ini disebabkan oleh jumlah umat yang tidak sedikit. Perlu adanya sebuah sistem yang menangani hal ini dan mampu menghubungkan antara cabang dan pusat data. Desain arsitektur disconnected database merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi gereja-gereja Katolik yang memiliki paroki yang tersebar. Data-data yang ada di paroki tersebut harus dikumpulkan ke pusat data (keuskupan) kapanpun dikehendaki. Cara yang digunakan untuk menerapkan arsitektur disconnected database bisa dilakukan melalui web service yang akan dibuat di pusat sistem, pada kasus ini di keuskupan. Service yang disediakan oleh pusat mengenai penambahan data-data, pengubahan data-data, dan melihat data-data yang ada. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Gereja (SIManja) ini juga menangani pengelolaan paroki, wilayah, stasi, lingkungan dan juga layanan pencarian data umat (searching). Dengan adanya SIManja ini, pengguna merasa terbantu dalam pendataan umat di gereja masing-masing dan proses pengumpulan data umat ke pusat menjadi lebih mudah. Selain itu, informasi-informasi yang didapatkan juga semakin lebih cepat dan mudah didapatkan dengan adanya fasilitas layanan searching di SIManja ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi manajemen, disconnected database, web service, layanan searching.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 10:11
Last Modified: 01 May 2013 13:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item