IMPLEMENTASI MIKROKONTROLER AT89S51 PADA MODEL PENGENDALI PERALATAN LISTRIK YANG TERINTEGRASI DENGAN PERANGKAT FIXED TELEPHONE

Ekky, Okta (2011) IMPLEMENTASI MIKROKONTROLER AT89S51 PADA MODEL PENGENDALI PERALATAN LISTRIK YANG TERINTEGRASI DENGAN PERANGKAT FIXED TELEPHONE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI04741.pdf

Download (4Mb)
[img] Text (Bab I)
1TI04741.pdf

Download (503Kb)
[img] Text (Bab II)
2TI04741.pdf

Download (336Kb)
[img] Text (Bab III)
3TI04741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2319Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TI04741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3507Kb)
[img] Text (Bab V)
5TI04741.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1592Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TI04741.pdf

Download (7Mb)

Abstract

Perangkat telepon merupakan salah satu peralatan elektronik yang cukup inovatif dalam perkembangan teknologi, dimana perangkat tersebut dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat. Selain itu, jaringan telepon yang dikembangkan telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Selama ini, telepon lebih banyak digunakan sebagai sarana berkomunikasi suara. Padahal telepon memiliki suatu teknologi yang cukup unik, yaitu Dual-Tone Multi- Frequency (DTMF) yang dapat memberikan informasi yang cukup spesifik. Penelitian ini membahas mengenai implementasi mikrokontroler AT89S51 pada pengendalian peralatan listrik yang terintegrasi dengan perangkat fixed telephone. Tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah perancangan sistem pengendali, pembuatan perangkat keras sistem pengendali dan pengembangan perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem pengendali yang dapat dikendalikan secara global dan secara lokal dengan menggunakan perangkat telepon sebagai sarana pengendalian. Pengendalian secara global dapat diartikan bahwa operator dan sistem pengendali tidak berada dalam satu lokasi yang sama, sementara pengendalian secara lokal dapat diartikan bahwa operator dan sistem pengendali berada dalam satu lokasi yang sama. Sistem pengendali ini dapat melakukan pengendalian ON-OFF dengan beban berjumlah 5 buah dan menghasilkan umpan balik berupa nada yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada operator. Sistem pengendali ini diuji coba dalam 2 bagian, yaitu pengendalian secara global dan secara lokal. Total percobaan sebanyak 17 prosedur uji coba. Pada penelitian ini, beban yang digunakan dalam uji coba adalah lampu pijar. Masing-masing prosedur dilakukan 5 kali perulangan. Dari hasil uji coba, diperoleh kesimpulan bahwa sistem pengendali dapat berjalan sempurna dengan tingkat keberhasilan 100% dimana semua prosedur uji coba dapat dilalui tanpa terjadi kesalahan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fixed Telephone, DTMF, BASIC, AT89S51
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 10:34
Last Modified: 30 Apr 2013 13:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item