Darma Dinata, Gustian (2015) PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN RUMAH ADAT DI INDONESIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TF06177.pdf Download (606kB) |
|
Text (Bab I)
1TF06177.pdf Download (189kB) |
|
Text (Bab II)
2TF06177.pdf Download (221kB) |
|
Text (Bab III)
3TF06177.pdf Download (565kB) |
|
Text (Bab IV)
4TF06177.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
|
Text (Bab V)
5TF06177.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab VI)
6TF06177.pdf Download (870kB) |
Abstract
Di era yang semakin berkembang dengan teknologi dan kebudayaan yang bertambah maju sehingga kebudayaan yang diwariskan nenek moyang menjadi tersingkir dan dilupakan. Banyak orang khususnya masyarakat di Indonesia yang belum mengenali kebudayaan khususnya rumah adat yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran untuk melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan kepada nenek moyang untuk generasi muda. Melihat banyaknya pengguna smartphone, penulis membuat aplikasi AR-Adat menggunakan teknologi Augmented Reality, yakni teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata secara real time. Aplikasi ini dibuat menggunakan tools Unity dengan bahasa pemgroman C#. Aplikasi yang dibuat berisi kumpulan info beberapa rumah adat di Indonesia beserta lagu adat yang dikemas dengan gambar 3D yang interaktif sehingga pengguna mudah memahami dan menarik minat untuk belajar rumah adat. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam memberikan informasi mengenai rumah adat sehingga menjadi media alternatif solusi untuk belajar rumah adat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Smartphone, Augmented Reality, C#, Rumah Adat. |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 11:15 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 11:15 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8847 |
Actions (login required)
View Item |