Finoriska, Okke (2012) Analisis Kapasitas Dan Tingkat Pelayanan Simpang Empat Bersinyal Jalan A. Yani Sukoharjo - Jawa Tengah. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11117.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11117.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11117.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11117.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11117.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11117.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11117.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Sukoharjo merupakan salah satu kota besar di Jawa Tengah. Secara geografis kota ini terletak pada jalur yang strategis dan berpotensi untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Karena letaknya strategis sehingga terjadi peningkatan jumlah penduduk dan berdampak pada meningkatnya laju pertumbuhan kendaraan dan mempengaruhi terjadinya konflik lalu lintas, kemacetan, parkir liar dan turun naik penumpang didaerah simpang. Kondisi ini menyebabkan kinerja simpang tidak maksimal dalam melayani pengguna simpang, dari kondisi tersebut menyebabkan nilai derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan dan nilai kendaraan terhenti pada simpang melebihi nilai yang di persyaratkan MKJI 1997. Kondisi seperti ini dapat dilihat pada simpang empat bersinyal Jalan A. Yani Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari yaitu hari Sabtu 21 Mei 2011, Minggu 22 Mei 2011 dan Senin 23 Mei 2011 dengan waktu pengamatan dilakukan pada pagi hari pukul 06.00 - 08.00 WIB, siang hari pukul 12.00 - 14.00 dan sore hari pukul 16.00 - 18.00. Data yang diperoleh dilapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode MKJI 1997. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada kondisi asli di lapangan atau eksisting diperoleh nilai derajat kejenuhan pendekat utara 1,14, selatan 1,03, timur 0,48 dan barat 1,08. Kendaraan terhenti rata-rata stop/smp 2,05, yang melampaui angka aman yang disyaratkan MKJI 1997. Untuk mengatasi permasalahan dilakukan tiga alternatif penyelesaian. Alternatif I yaitu pengaturan waktu hijau, jarak parkir sebesar 75 meter diperoleh nilai derajat kejenuhan pendekat utara 0,61, selatan 0,71, timur 0,75, barat 0,74 dan kendaraan terhenti rata-rata stop smp/jam 0,68, alternatif II yaitu desain geometrik simpang yaitu menambah lebar We diperoleh nilai derajat kejenuhan pada pendekat utara 0,40, selatan 0,72, timur 0,72, barat 0,722 dan kendaraan terhenti rata-rata stop/smp 0,65, alternatif III yaitu pengaturan (dari 3 fase menjadi 4 fase), pengaturan waktu hijau, parkir dengan desain geometrik. Derajat kejenuhan pada pendekat utara 0,489, pendekat selatan 0,568, pendekat timur 0,711, pendekat barat 1,30 dan kendaraan terhenti rata-rata stop/smp 0,64. Berdasarkan ketiga alternatif diatas, alternatif ketiga adalah pilihan terbaik untuk mengurangi konflik yang terjadi pada simpang empat bersinyal Jalan A. Yani Sukoharjo saat ini dan memiliki DS < 0,75 dan NS < 1 yang memenuhi syarat MKJI 1997.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | simpang, panjang antrian, tundaan, kapasitas dan derajat kejenuhan |
Subjects: | Sipil > Struktur Sipil > Struktur |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Apr 2013 13:43 |
Last Modified: | 03 May 2013 13:21 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/889 |
Actions (login required)
View Item |