ANALISIS DAYA TARIK KERETA API EKONOMI PROGO

Silitonga, Bona Ramot (2011) ANALISIS DAYA TARIK KERETA API EKONOMI PROGO. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12326.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12326.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12326.pdf

Download (839kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12326.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kereta api sebagai salah satu bagian dari sistem transportasi berfungsi memberikan layanan kepada masyarakat, yang berorientasi pada pasar, baik pasar penumpang maupun barang. Kualitas layanan yang diberikan akan mempengaruhi jumlah pelanggan atau pengguna jasa transportasi. Layanan yang baik akan menarik pelanggan, sebaliknya layanan yang kurang baik akan mengurangi ketertarikan untuk menggunakan jasa transportasi yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada penumpang kereta api Progo secara acak. Kemudian dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan SPSS versi 17 for windows untuk mengetahui hal-hal yang menjadi daya tarik kereta api ekonomi Progo bagi penumpang. Untuk mengetahui hal tersebut digunakan uji Kendall’s W, dimana seluruh pernyataan yang dianggap menjadi daya tarik kereta api ekonomi Progo akan diurutkan secara rangking. Berdasarkan hasil uji Kendall’s W jam keberangkatan yang tepat waktu (P1) menjadi daya tarik paling besar kereta api ekonomi Progo dengan nilai mean rank 8,28. Urutan kedua dipengaruhi oleh transportasi menuju ke stasiun (P8) dengan nilai 8,02 dan urutan ketiga dipengaruhi jam tiba di kota tujuan (P10) dengan nilai 7,99. Daya tarik KA ekonomi Progo dipilih 189 responden dengan karakteristik berdasarkan kelamin laki-laki 125 orang dan perempuan 64 orang; berdasarkan pekerjaan pelajar/mahasiswa 71 orang, PNS 18 orang, karyawan 74 orang, wiraswasta 26 orang; berdasarkan pendidikan terakhir 2 orang SD,16 orang SMP,106 orang SMA,22 orang Diploma,S1/S2 sebanyak 43 orang; berdasarkan penghasilan 98 orang dengan penghasilan <Rp. 1.000.000,-, 80 orang berpenghasilan Rp. 1.000.000,- s/d 5.000.000,-,11 orang berpenghasilan > Rp.5.000.000,-; berdasarkan usia 11 – 30 tahun 124 orang , 30 – 50 tahun 60 orang, >50 tahun 5 orang; berdasarkan tujuan, untuk liburan 61 orang, pendidikan 11 orang,kerja 52 orang,kunjungan keluarga 65 orang; berdasarkan waktu perjalanan pagi hari 15 orang,siang 4 orang,sore 85 orang,malam 85 orang; berdasarkan intensitas penggunaan KA dua kali seminggu atau lebih 2 orang,satu kali seminggu 8 orang,satu kali sebulan 20 orang,tidak tentu 159 orang; berdasarkan jam keberangkatan KA yang disukai yaitu Progo 16.45 WIB sebanyak 163 orang, Senja Begawan 18.10WIB sebanyak 11 orang, Gaya Baru malam 20.58 WIB sebanyak 15 orang. Dari hasil uji Kendall’s W juga diketahui tanggapan penumpang terhadap jam keberangkatan kereta api sudah baik dengan nilai 8,28, sedangkan tanggapan terhadap keamanan dan kenyamanan masih kurang dengan nilai 5,79 dan 5,11.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kereta api, penumpang, daya tarik, jam keberangkatan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 13:44
Last Modified: 06 May 2013 11:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item