ANALISIS KECELAKAAN DITINJAU DARI FAKTOR KELENGKAPAN FASILITAS JALAN DAN GEOMETRIK (Studi Kasus di Jalan Gunung Dieng Kabupaten Situbondo, Jawa Timur)

ANWAR, ALI SURYADI (2012) ANALISIS KECELAKAAN DITINJAU DARI FAKTOR KELENGKAPAN FASILITAS JALAN DAN GEOMETRIK (Studi Kasus di Jalan Gunung Dieng Kabupaten Situbondo, Jawa Timur). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12197.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12197.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12197.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12197.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12197.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Gunung Dieng di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo merupakan salah satu jalan Kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Panarukan dengan Kecamatan Kotakan, dan di jalan tersebut memiliki pasar hewan yang membuat banyak kendaraan terutama truk-truk pengangkut hewan yang melewati jalur tersebut. Alhasil di jalur ini sering terjadi kecelakaan yang disebabkan dari si pengemudi, kerusakan jalan, maupun dari geometrik jalan seperti tikungan tajam dan tanjakan curam. Penelitian dilaksanakan selama tiga hari yaitu Selasa, 22 Mei 2012, Kamis, 24 Mei 2012 dan Sabtu, 26 Mei 2012. Data ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara survei langsung di lapangan seperti volume rerata kendaraan, waktu tempuh rerata kendaraan, beda tinggi, serta mengambil gambar kondisi situasi di lapangan. Data sekunder diperoleh dari pihak pemerintah, kemudian data yang diperoleh dianalis dengan menggunakan metode Inventarisasi data. Dari hasil penelitian pada tahun 2007 – 2011 Jalan Gunung Dieng km 0 – km 1 memiliki jumlah kecelakaan 23 kejadian. Sepanjang Jalan Gunung Dieng mempunyai titik tertinggi kecelakaan yaitu pada sta 0+450 sebanyak 15 kejadian kecelakaan. Pada sta 0+450 jalan terlalu menanjak sehingga menyebabkan kendaraan menjadi mogok dan macet. Di daerah rawan kecelakaan ini perlu adanya pemasangan rambu lalu lintas, penambahan marka jalan, fasilitas pendukung marka jalan seperti cermin cembung dan segera dilakukan perbaikan geometrik tikungan berupa perubahan alinyemen horizontal pada sta 0+350 sampai dengan sta 0+550 dan alinyemen verikal dari sta 0+150 sampai dengan sta 0+950.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, black spot, Fasilitas Jalan, dan Geometrik Jalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 13:57
Last Modified: 03 May 2013 11:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item