Pradipta lrlanto, Aloysius Bagas and Nugroho, Eko (2014) Media Sosial Dalam Meningkatkan Market Share UKM dan Pencurian Informasi. In: Seminar Nasional Teknik 2014.
Text
Seminar SENATEK 2014.pdf Download (1MB) |
Abstract
Globalisasi pasar telah mempengaruhi perilaku perdagangan yang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu mempengaruhi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan pasar agar dapat bertahan dan meningkatkan marketshare. Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kelompok usaha terbesar di Indonesia bahkan mungkin di Dunia. Pada tahun 2001, UKM memberikan andil 99% dalam jumlah badan usaha dan 99,6% dalam penyerapan tenaga kerja. Banyaknya UKM ini tentu disebabkan karena produk-produk dari UKM sangat diminati bahkan dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini disebabkan karena promosi yang dilakukan oleh UKM kalah gencar dengan promosi dari Industri yang lebih besar. Penyebab utama dari hal ini adalah minimnya anggaran promosi dari UKM. Dengan memanfaatkan sosial media UKM tidak hanya mendapatkan keuntungan tetapi juga dihadapkan pada permasalahan pencurian informasi. Pencurian informasi menjadi masalah baru bagi UKM yang mungkin selama ini dianggap sebagai hal yang biasa dan tidak banyak berpengaruh. Hal ini dapat terjadi karena ketika UKM memasuki era digital banyak kekayaan intelektual yang terekspos dan dapat digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan. Maka dari itu UKM perlu meningkatkan keamanan sistem informasi yang mereka miliki sebelum mereka menggunakan sosial media.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UKM, Sosial Media, Informasi, Pencurian Informasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 22 Apr 2016 08:53 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 12:33 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9179 |
Actions (login required)
View Item |