PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG LABEL “LOW FAT HIGH CALCIUM” TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PADA PRODUK SUSU CAIR DALAM KEMASAN

Sari, Dwi Mella (2015) PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG LABEL “LOW FAT HIGH CALCIUM” TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PADA PRODUK SUSU CAIR DALAM KEMASAN. .

[img] Text
JURNALKOM04285.pdf

Download (822Kb)

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh tingkat pengetahuan label “low fat high calcium” terhadap tingkat kepercayaan pada produk susu cair kemasan Ultra Milk. Variabel dari penelitian ini ada 3 yaitu variabel tingkat pengetahuan sebagai variabel bebas, dan variabel tingkat kepercayaan sebagai variabel terikat serta variabel kelompok referensi sebagai variabel kontrol. Penelitian ini juga menggunakan teori kognitif disonansi (West & Turner, 2008) Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian survey. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswi FISIP UAJY dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengukuran data yang digunakan adalah dengan menggunakan skala Likert dan juga skala dikotomi. Pengujian dari penelitian ini menggunakan uji validitas product moment dan reliabilitas. Tiap pernyataan pada tiap variabel dikatakan valid karena rhitung > rtabel yaitu 0.195. Hasil perhitungan reliabilitas pada tiap variabel dikatakan reliabel karena memiliki nilai > 0.60. Metode analisis data menggunakan distribusi frekuensi, tabulasi silang, korelasi parsial, regresi linier serta berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari tingkat pengetahuan label low fat high calcium terhadap tingkat kepercayaan pada produk susu Ultra Milk, karena nilai signifikansinya sebesar 0.001 < 0.05, dengan koefisien regresi (R) yaitu 0.335, yang berarti memiliki pengaruh yang cukup kuat. Arah hubungan yang terjadi adalah positif. Saat variabel kontrol dimasukkan, yaitu kelompok referensi masih terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan tingkat kepercayaan saat dikontrol oleh kelompok referensi. Nilai signifikan yang didapat adalah 0.000 < 0.05. Peran dari kelompok referensi adalah menguatkan, karena nilai R turun menjadi 0.302. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara tingkat pengetahuan terhadap tingkat kepercayaan yang dikontrol oleh kelompok referensi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Label, Tingkat Pengetahuan, Tingkat Kepercayaan, Kelompok Referensi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 12:43
Last Modified: 25 May 2016 12:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9474

Actions (login required)

View Item View Item