STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Raminten Uborampe dalam Pembentukan Brand Awareness)

PANGESTIKA, MEITI CITRA (2015) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Raminten Uborampe dalam Pembentukan Brand Awareness). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran merupakan pedoman yang penting untuk memperkenalkan, memberikan informasi dan memasarkan produk kepada konsumen. Strategi komunikasi suatu produk dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk meningkatkan pemasaran untuk memajukan perusahaan. Penelitian ini menggunakan Raminten Uborampe sebagai subyek penelitian karena perusahaan ini merupakan perusahaan yang menggunakan strategi komunikasi pemasaran dalam usahanya membangun brand awareness. Raminten Uborampe merupakan perusahaan yang menyediakan cinderamata khas kota Yogyakarta. Brand awareness diperlukan mengingat Raminten Uborampe merupakan perusahaan yang baru di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Raminten Uborampe dalam membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan memadukan kegiatan-kegiatan yaitu periklanan, personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sudah cukup baik namun dirasa kurang maksimal. Unsur-unsur kegiatan dalam komunikasi pemasaran tersebut belum saling mendukung satu dengan yang lain dan belum terlaksana dengan seimbang. Raminten Uborampe hendaknya memperbanyak iklan yang bersifat below the line dan juga memperbanyak event-event promosi di tempat-tempat wisata sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen dan dapat bersaing dengan merekmerek lain dengan produk serupa. Evaluasi juga dirasa perlu untuk lebih dikembangkan lagi oleh perusahaan agar perusahaan dapat memantau perkembangan penyampaian pesan ke konsumen dan dapat membentuk brand awareness yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, komunikasi pemasaran, brand awareness
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Jun 2016 12:11
Last Modified: 10 Jun 2016 09:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9577

Actions (login required)

View Item View Item