PENGGUNAAN EKSTRAK VANILI DAN MALTODEKSTRIN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS MINUMAN SERBUK INSTAN BIJI PETAI CINA (Leucaena leucocephala Lmk. De Wit)

Widyastuti, Blandina Paramita Naristina (2012) PENGGUNAAN EKSTRAK VANILI DAN MALTODEKSTRIN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS MINUMAN SERBUK INSTAN BIJI PETAI CINA (Leucaena leucocephala Lmk. De Wit). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0BL01015.pdf

Download (1127Kb)
[img] Text (Bab I)
1BL01015.pdf

Download (64Kb)
[img] Text (Bab II)
2BL01015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193Kb)
[img] Text (Bab III)
3BL01015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98Kb)
[img] Text (Bab IV)
4BL01015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490Kb)
[img] Text (Bab V)
5BL01015.pdf

Download (1041Kb)

Abstract

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang banyak dijumpai di Indonesia. Penelitian terhadap efek hipoglikemik biji petai cina telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Bahan aktif yang dikandung oleh biji petai cina yang dapat memberikan efek hipoglikemik adalah total flavonoid. Salah satu bentuk penyajian dan penyimpanan yang praktis adalah berbentuk serbuk. Aroma petai dalam penelitian sebelumnya masih tercium cukup kuat. Aroma vanili yang cukup kuat sering dimanfaatkan sebagai pengharum yang dapat menambah cita rasa suatu produk makanan ataupun minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi vanili dan maltodekstrin terhadap kualitas minuman serbuk instan biji petai cina serta untuk mengetahui konsentrasi vanili, ekstrak biji petai cina dan maltodekstrin yang optimal untuk meningkatkan kualitas aroma minuman serbuk instan biji petai cina. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) dengan ) dengan dua variabel yaitu penambahan variasi konsentrasi vanili (0, 2, 4, dan 6%), dan kadar maltodekstrin (15 dan 30%) yang digunakan dalam pembuatan minuman serbuk instan biji petai cina. Dilakukan delapan macam analisis yang meliputi kadar air, kadar abu, uji total flavonoid, uji warna, uji ALT (Angka Lempeng Total), uji coliform, uji kelarutan dan uji organoleptik. Analisis data secara statistik dengan ANOVA pada α = 5% serta dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test apabila ada beda nyata. Hasil analisis menunjukkan bahwa kadar air, kadar abu, dan total mikrobia (ALT) pada minuman serbuk instan biji petai cina tidak berbeda nyata. Warna produk yang diperoleh adalah jingga. Hasil uji kadar air, kadar abu, ALT, dan coliform menunjukkan bahwa produk minuman serbuk instan biji petai cina telah memenuhi syarat mutu minuman serbuk tradisional yang terdapat dalam SNI 01- 4320-1996. Dari hasil uji organoleptik, minuman serbuk instan biji petai cina dengan kadar maltodekstrin 15% dan vanili 2% yang paling disukai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 09:12
Last Modified: 29 Apr 2013 09:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item