FACEBOOK AND INTERCULTURAL ADJUSTMENT (Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Penggunaan Facebook dalam Penyesuaian Antarbudaya Staf International English Center Yogyakarta asal Amerika Serikat)

GUNAWAN, KUNTHI DAMAYANTI (2016) FACEBOOK AND INTERCULTURAL ADJUSTMENT (Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Penggunaan Facebook dalam Penyesuaian Antarbudaya Staf International English Center Yogyakarta asal Amerika Serikat). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan bilateral antarnegara yang didukung teknologi komunikasi telah membuka lebar peluang terjadinya interaksi antarbudaya. Media baru, seperti Facebook, telah menghubungkan warga dunia tanpa dibatasi ruang dan waktu. Namun, memasuki budaya baru ternyata membuat orang asing mengalami kegelisahan dan ketidakpastian, apalagi ketika berinteraksi dengan orang lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para staf asal Amerika Serikat di International English Center Yogyakarta menggunakan Facebook dalam proses penyesuaian dengan budaya Indonesia. Melalui sudut pandang komunikasi antar budaya dan aspek interaktivitas Facebook, penelitian ini memberikan gambaran tentang penggunaan dan pengaruh media baru dalam mengurangi kegelisahan dan ketidakpastian para orang asing, sehingga proses penyesuaian antarbudaya dapat terjadi. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif kepada tiga staf IEC Yogyakarta asal Amerika Serikat. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi partisipan, dan rekaman arsip status Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para staf dapat mengelola kegelisahan dan ketidakpastian yang mereka alami dengan memiliki cara meningkatkan self-esteem, toleran terhadap hal-hal yang baru, mencari persamaan dengan orang lokal, tertarik dengan budaya lokal, dan memiliki komunitas dengan orang lokal. Mereka menggunakan Facebook untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang yang tidak dapat ditemui secara tatap muka, baik di negara asal maupun di Indonesia. Facebook juga menjadi sumber informasi tentang latar belakang dan perspektif mahasiswa Indonesia yang berbeda sehingga mereka lebih sadar untuk tidak memiliki stereotype.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interaktivitas Facebook, anxiety uncertainty, intercultural adjustment
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 08:03
Last Modified: 19 Aug 2016 08:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item