PRAKTIK-PRAKTIK CORPORATE VALUES TRANS TV DALAM BRAND COMMUNITY (Studi Kasus Transmania Yogyakarta Periode 2011-2015

HADIMAHENDRA, RAMADHAN PUTRA (2016) PRAKTIK-PRAKTIK CORPORATE VALUES TRANS TV DALAM BRAND COMMUNITY (Studi Kasus Transmania Yogyakarta Periode 2011-2015. S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era media sosial membuat orang menjadi mudah untuk terkoneksi antara satu orang dengan orang lainnya tanpa terbatas letak geografis. Salah satu hasil dari berkembangnya era ini adalah adanya brand community. Komunitas ini terbentuk oleh orang-orang yang memiliki persamaan dalam menggemari satu merek tertentu tanpa batasan letak geografis pada orang itu. Brand community memiliki praktik-praktik dalam menjalankan roda kehidupannya, yaitu penyambutan, rasa empati, penguasaan, penandaan, menandai peristiwa penting, penggunaan badge, pendokumentasian, persiapan, pemenuhan kebutuhan, dan komodifikasi (Schau, Muniz, & Arnould, 2009, hal. 43-45). Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, sehingga Penulis mendeskripsikan hasil temuan yang didapatkannya melalui wawancara anggota Transmania Yogyakarta serta melakukan observasi terhadap aktivitas Transmania Yogyakarta. Melalui data yang ditemukan, Penulis selanjutanya melakukan tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Transmania Yogyakarta sebagai brand community mempunyai konsep yang sedikit berbeda dibanding brand community lainnya. Praktik-praktik yang dilakukan bukan untuk menciptakan values pada merek yang digemari, tetapi Transmania Yogyakarta melakukan praktik corporate values yang dimiliki oleh Trans TV, yaitu muda, kreatif, dan mandiri. Hal itu dikarenakan Transmania Yogyakarta tercipta bukan karena inisiatif pemirsa muda Trans TV tetapi dibentuk oleh Marketing Public Relations dari Trans TV. Sehingga praktik yang dilakukan oleh Transmania Yogyakarta dapat diatur oleh Trans TV. Walaupun konsep yang dijalankan sedikit berbeda, namun anggota Transmania Yogyakarta memiliki kedekatan psikologis terhadap Trans TV dan programnya. Hal itu yang menjadi Transmania Yogyakarta masih bisa dikatakan sebagai brand community

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, Brand Community, Corporate Values
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 08:56
Last Modified: 19 Aug 2016 08:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item